Pemkot Kendari Bakal Aktifkan Kembali Siskamling untuk Tingkatkan Keamanan

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 19 Juni 2024
0 dilihat
Pemkot Kendari Bakal Aktifkan Kembali Siskamling untuk Tingkatkan Keamanan
Apel tersebut digelar di Aula Teprombua, Kantor Wali Kota. Foto: Ist.

" Dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menggelar apel dengan RT/RW di Aula Teporombua, Kantor Balai Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menggelar apel dengan RT/RW di Aula Teporombua, Kantor Balai Kota Kendari, Rabu (19/6/2024).

Dalam apel tersebut, Muhammad Yusup menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing melalui pengaktifan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Mengawali apel, Pj Wali Kota Yusup menyampaikan bahwa Siskamling adalah program lama yang terbukti efektif dalam memperkokoh persatuan warga dalam menjaga keamanan

Baca Juga: Diduga Rusak Lingkungan, Mahasiswa Dukung Warga Torobulu Caput IUP Perusahaan Tambang di Konawe Selatan

“Siskamling adalah benteng pertahanan kita. Melalui program ini, kita dapat membangun solidaritas di antara tetangga untuk menjaga lingkungan kita masing-masing,” ujarnya dengan tegas di hadapan para RT/RW yang hadir.

Pj Wali Kota Muhammad Yusup saat memimpin apel RT/RW. Foto: Ist.

 

Pj Wali Kota Yusup menjelaskan, dengan diaktifkannya kembali Siskamling diharapkan masyarakat dapat lebih waspada terhadap potensi gangguan keamanan di lingkungannya.

Menurutnya, Siskamling bukan hanya sekadar patroli malam, tetapi juga sebuah bentuk gotong royong yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan nyaman.

"Ini adalah cara kita untuk saling menjaga dan melindungi," katanya.

Selain aspek keamanan, Pj Wali Kota Yusup juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan ketertiban kota. Ia meminta para RT/RW untuk bekerjasama secara erat dengan camat dan lurah dalam mengawasi para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih berjualan di trotoar.

Koordinasi yang baik antara RT/RW, camat, dan lurah diharapkan dapat memperkuat pengawasan dan penegakan peraturan di lapangan.

Pj Wali Kota Yusup juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan ketertiban kota. Foto: Ist.

 

“Saya mengajak bapak ibu RT dan RW untuk terus menggerakkan masyarakat dalam gotong royong menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, serta mendukung upaya penegakan peraturan bersama lurah dan camat,” tambahnya.

Baca Juga: Pengamanan Kamtibmas Pilkada Serentak 2024, Polda Sulawesi Tenggara Dihibahkan Rp 147 Miliar dari Pemda

Menurut Pj Wali Kota, kebersihan dan ketertiban adalah cerminan dari kesadaran kolektif masyarakat dalam menjaga lingkungan tempat tinggal mereka.

Apel ini juga dijadikan sebagai momen untuk mempererat kerjasama antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Foto: Ist.

 

Selain itu, apel ini juga dijadikan sebagai momen untuk mempererat kerjasama antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Kepala BPBD Provinsi Sultra yang juga hadir dalam apel tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai simbol kehadiran pemerintah, tetapi juga sebagai ajakan bagi setiap warga untuk aktif dalam mengawal dan membangun kota yang lebih baik.

"Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah, RT/RW, dan masyarakat, saya yakin Kota Kendari akan semakin maju dan harmonis," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga