Pemkot Manfaatkan CCTV untuk Pantau Layanan di Kelurahan

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 15 Oktober 2020
0 dilihat
Pemkot Manfaatkan CCTV untuk Pantau Layanan di Kelurahan
Suasana kantor kelurahan di Kota Kendari yang terpantau CCTV. Foto: Sumarlin/Telisik

" Hasil pantauan ini kami akan laporkan pada Pak wali kota sebagai bahan evaluasi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari memanfaatkan fasilitas CCTV (Closed Circuit Television) untuk memantau efektifitas layanan masyarakat, termasuk penerapan protokol kesehatan di kelurahan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kendari, Moh Nur Rasak menjelaskan, saat ini 65 kantor kelurahan di Kota Kendari sudah terpasang kamera pengawas atau CCTV.  Kamera ini bisa dimanfaatkan mengawasi penerapan protokol kesehatan pegawai dan warga yang berurusan di kelurahan.

"Hasil pantauan ini kami akan laporkan pada Pak wali kota sebagai bahan evaluasi," katanya, Kamis (15/10/2020).

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktifias sehari-hari, seperti menggunakan masker dengan benar bila bepergian keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak.

Pemantauan lanjut Nur Rasak, dilakukan selama 24 jam, siang dan malam. Itu dilakukan untuk memastikan layanan di kecamatan dan kelurahan berjalan termasuk keamanan kantor di saat malam hari.

"Kita dapat memantau kondisi kantor kelurahan tidak hanya pada siang hari, tetapi kondisi saat di malam hari apalagi kondisi saat ini sering kali terjadi tindak kejahatan. Dengan adanya CCTV kita bisa mengawasi kondisi keamanan sekitar kantor," ungkapnya.

Baca juga: Siswa Belum Terima Kuota Internet, BPKP Cek ke Sekolah

Menurutnya, ke depan seluruh kantor kelurahan akan terpantau secara riil time sehingga akan memudahkan aktivitas pengawasan dan peningkatan layanan pada kantor kelurahan.

Sementara adanya beberapa kantor  kelurahan yang belum terkoneksi jaringan internet untuk mendukung pemanfaatan CCTV, Tahun 2021 Pemkot Kendari akan berupaya menyediakannya, seluruh kantor Pemerintahan sudah dapat dipantau secara riil time 24 jam.

Mantan Plh Kadis DLHK ini menjelaskan, sesuai arahan Wali Kota Kendari, ke depannya seluruh kantor pemerintah akan dipasangkan kamera CCTV.

"Ini bertujuan memudahkan pemantauan aktivitas dan layanan  yang  terkoneksi pada satu ruang kendali CCTV, termasuk nantinya ruang publik dan ruas jalan akan dipasang kamera CCTV, sehingga memudahkan pengawasan Trantib," tambahnya. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga