Pemuda Ini Selesaikan Kuliah Berkat Usaha Kuliner

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 08 Maret 2023
0 dilihat
Pemuda Ini Selesaikan Kuliah Berkat Usaha Kuliner
Usaha kuliner jadi salah satu usaha yang memiliki banyak penghasilan dan kerap kali dijalankan oleh kaum muda. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Usaha kuliner seperti restoran, kafe, warung makan jadi usaha yang menjanjikan dan tidak tergantung pada musim, karena makanan menjadi kebutuhan pokok manusia yang selalu dibutuhkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Usaha kuliner seperti restoran, kafe, warung makan jadi usaha yang menjanjikan dan tidak tergantung pada musim, karena makanan menjadi kebutuhan pokok manusia yang selalu dibutuhkan.

Selain menjanjikan, usaha kuliner juga kerap kali dikerjakan oleh pemuda-pemuda yang ingin memiliki penghasilan sendiri di usia muda.

Seperti halnya Atma Jaya, pemuda asal Kolaka Timur yang saat ini mempunyai usaha kuliner di Kota Kendari, yang memulai usahanya sejak masih mahasiswa di salah satu universitas di Kota Kendari.

Baca Juga: 7 Tips Mulai Usaha Kuliner Kekinian Bagi Pemula

Atma mengatakan, selain fashion hidup yang ingin jadi pengusaha sejak kecil, ada beberapa faktor yang memotifasi saya untuk membuka usaha ini, seperti dunia kampus, teman dan tontonan.

"Bisnis kukiner saya sekarang itu terinspirasi dari salah satu dosen saya di jurusan pendidikan ekonomi, dia itu selalu mendorong mahasiswanya agar jadi pengusaha besar, katanya jadi PNS itu sulit, jangan hanya mengharap di situ saja, berani jadi pengusaha besar," ujar Atma.

Ia menambahkan, dosennya itu sering menunjukkan jalan agar bisa jadi pengusaha, salah satunya dengan menyuruh semua mahasiswa di jurusan untuk ikut program mahasiswa wirausaha (PMW) yang diadakan kampus.

Berawal dari menang PMW ini, Atma bisa membuka usaha pertamanya yang meskipun hanya dengan membuat box countener, tetapi melakui box pertama ini memacu semangat untuk menjadi pengusaha sukses.

"Tahun 2021 pertama kali saya launching usaha ini, di Megros Swalayan. 2 bulan setelah itu saya beranikan diri untuk membuka cabang di Buana Mart. Saya bersyukur berkat usaha ini saya dapat selesaikan kuliah dan sekarang tinggal fokus ibadah saja sekarang," jelasnya.

Baca Juga: Bapak Ini Bangun Usaha Kuliner Terinspirasi dari Pelanggan

Usaha kuliner yang dijalankan Atma bernama Kedai Bang Jhay yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, seperti, bakso bakar, pisang goreng, dan puding, susu kurma dan berbagai rasa minuman segar dengan harga serba Rp10.000.

Salah satu pengunjung, Karina mengatakan, berkunjung kesini untuk membeli pisang coklat dan bakso bakar karena rasanya enak dan harganya terjangkau.

"Kebetulan saya kos di sekitaran sini jadi lumayan sering beli makan dan minum di sini untuk cemilan," jelasnya. (B)

Laporan: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga