Pemuda Ini Sukses Budidaya Lele, Ajak Anak Muda Tidak Gengsi jadi Pembudidaya

Nyoman Andre Mahendra, telisik indonesia
Rabu, 05 Juli 2023
0 dilihat
Pemuda Ini Sukses Budidaya Lele, Ajak Anak Muda Tidak Gengsi jadi Pembudidaya
Kolam budidaya ikan lele yang dibuat menggunakan terpal. Foto: Nyoman Andre Mahendra/Telisik

" Anak muda asal Kabupaten Konawe Selatan sukses menjalani bisnis budidaya ikan lele "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Anak muda asal Kabupaten Konawe Selatan sukses menjalani bisnis budidaya ikan lele. Ia adalah Putu Subali yang tinggal Kecamatan Benua, lokasi budidaya berada di Desa Lamomea, Kecamatan Konda.

Usaha yang dijalankan dimulai sekitar tahun 2018, modal awal hanya Rp 5 juta untuk membuat 2 kolam terpal dan dibuat di belakang pekarangan rumahnya yang tidak terlalu luas.

Awalnya Putu Subali, menggunakan lahan milik orang lain dengan sistem meminjam lahan untuk dimanfaatkan menjadi usaha ternak lele, perawatan yang dinilai mampu diantisipasi menjadikannya semangat untuk memulai usaha itu.

Usaha ini dilakukan dan digeluti dengan serius dan tekun, jatuh bangun usaha telah dilalui, mulai bibit yang mati sebelum pindah ke kolam pembesaran, cuaca yang tidak menentu, perbedaan iklim bibit dan iklim kolam juga jadi masalah, karena bibit diambil dari Makassar.

"Saya awalnya pesimis dengan usaha yang akan saya bangun ini, tapi dengan tekad yang kuat dan semangat serta dukungan dari berbagai pihak, saya beranikan diri untuk memulainya, dimulai dengan 2 kolam, 10 kolam dan sekarang sudah lebih dari 50 kolam terpal saat ini," ungkapnya, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga: Kembangkan Budidaya Tanaman Jambu, Pemuda Ini Raih Omzet Menggiurkan

Kegiatan budidaya sangatlah baik dan diprioritaskan, dikarenakan banyaknya pertumbuhan masyarakat saat ini dan menjaga kestabilan ekosistem. Menurut Putu Subali, semakin banyak populasi maka akan semakin banyak juga kebutuhan ikan yang harus tersedia.

Lele merupakan satu dari sekian banyak ikan tawar yang sudah mulai diminati masyarakat saat ini, dimulai dari rasanya yang khas dan ukurannya yang bila dikonsumsi cukup membuat kenyang.

"Saat ini sudah lumayan rumah makan dan beberapa warung pinggir jalan yang sudah selalu menerima ikan lele kita, setiap hari kami selalu mengantar lele ke rumah makan mereka sesuai permintaan," ujarnya.

Beberapa rumah makan yang sudah menjadi langganan lele ini sangat puas dengan servis yang diberikan, pengantaran yang tepat waktu dan permintaan sesuai kebutuhan, bisa diterima dalam bentuk sudah bersih bahkan bisa juga dalam bentuk frosen.

"Saya setiap harinya mengambil 10 Kg untuk saya jual kembali melalui sistem frosen, jadi saya langsung datang ke lokasi budidaya dan minta agar dibersihkan agar tiba di rumah, bisa langsung membumbui dan mempacking lele tersebut," ungkap salah satu konsumen, Agung.

Baca Juga: Manfaatkan Potensi Laut, Masyarakat Pesisir Buton Selatan Budidaya Rumput Laut

Dari suksesnya usaha lele yang sudah digeluti itu, Putu Subali menitipkan suatu semangat untuk masyarakat terutama anak muda.

"Anak muda harus berani keluar dari zona nyamannya, memang sangat susah dan berat, tapi jika sudah keluar maka silahkan berekspresi sesuai skil masing-masing. Percayalah jika kita sudah berani maka semuanya bisa kita gapai," ujar Putu.

Budidaya lele saat ini sudah banyak diminati, banyak peraga-peraga dari berbagai pihak untuk melakukan demo penggunaan lahan untuk budidaya lele, bisa menggunakan baskom, bak, terpal bahkan permanen jika memiliki lahan lebih. (B)

Penulis: Nyoman Andre Mahendra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga