Pencalonan Prof Zamrun di Tangan Senat UHO

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 20 April 2021
0 dilihat
Pencalonan Prof Zamrun di Tangan Senat UHO
Balon Rektor UHO, Prof Muh Zamrun Firihu. Foto: Fitrah/Telisik

" Jadi itu surat rekomendasi dari Dirjen. Nah, saya disuruh oleh Dirjen untuk melakukan penelaah lebih jauh. Karena yang diperintahkan dalam peraturan menteri itu, Senat yang melakukan penelaah jika ada kasus dugaan plagiat. Jadi itu belum final "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasca adanya rekomendasi Dirjen Dikti terkait pencoretan Prof Muhammad Zamrun Firihu sebagai Balon Rektor Universitas Haku Oleo (UHO), Senat langsung mengambil langkah.

Menanggapi hal itu, Ketua Senat UHO Kendari, Prof Takdir Saili menerangkan, jika rekomendasi Dirjen Dikti tersebut belum final.

Pasalnya, berdasarkan surat edaran tersebut, Senat diperintahkan untuk melakukan penelaah lebih jauh atas dugaan plagiat yang dilakukan Prof Muh Zamrun.

"Jadi itu surat rekomendasi dari Dirjen. Nah, saya disuruh oleh Dirjen untuk melakukan penelaah lebih jauh. Karena yang diperintahkan dalam peraturan menteri itu, Senat yang melakukan penelaah jika ada kasus dugaan plagiat. Jadi itu belum final," paparnya saat dihubungi via seluler, baru-baru ini.

Baca Juga: Intip Besaran THR yang Akan Diterima ASN

Selain melakukan penelaah, Prof Zamrun juga akan diberikan hak untuk memberi klarifikasi atas dugaan plagiat tersebut.

"Klarifikasi itu juga ada dalam Permen. Bahwa seseorang tersangka atau diduga melakukan plagiat harus memberi klarifikasi," terangnya.

Olehnya itu, nasib pencalonan Prof Muh Zamrun sebagai Balon Rektor UHO tergantung dari hasil penelaah Senat apakah ia benar melakukan plagiat atau tidak.

"Yang pasti secepatnya akan dilakukan supaya prosesnya kembali dilakukan," pungkasnya. (B)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga