IAIN Kendari Gunakan Metaverse Kenalkan Kampus pada Mahasiswa

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 21 Agustus 2024
0 dilihat
IAIN Kendari Gunakan Metaverse Kenalkan Kampus pada Mahasiswa
Pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Kendari tahun 2024 melalui teknologi Metaverse. Foto: Humas IAIN Kendari

" Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari tahun 2024 ini melakukan terobosan baru dalam Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dengan memanfaatkan teknologi Metaverse "

KENDARI, TELISK.ID – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari tahun 2024 ini melakukan terobosan baru dalam Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dengan memanfaatkan teknologi Metaverse.

Metaverse adalah suatu teknologi Augmented Reality (AR/realitas yang direkayasa) yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lainnya secara virtual.

Metaverse kerap diartikan sebagai simulasi dunia nyata manusia yang diimplementasikan di dunia maya atau internet.

Pemanfaatan teknologi ini sebagai upaya bagi IAIN Kendari untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi para mahasiswa baru, yang sebelumnya biasa dilakukan secara tatap muka.  

Baca Juga: Mantan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba Mangkir di Persidangan Cerai

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag, menyampaikan bahwa penggunaan Metaverse dalam PBAK tahun ini merupakan langkah strategis untuk mengenalkan kampus kepada mahasiswa baru di era digital.

“Dengan Metaverse, mahasiswa dapat menjelajahi kampus, berinteraksi dengan dosen dan sesama mahasiswa secara virtual,” ungkapnya, Rabu (21/8/2024).

PBAK 2024 berlangsung selama empat hari, 18 hingga 21 Agustus 2024. Selama kegiatan tersebut, mahasiswa diajak untuk mengikuti berbagai sesi, seperti seminar akademik, pengenalan budaya, nilai, fasilitas kampus, serta pengalaman mengeksplorasi kampus dengan teknologi Artificial Intelligence (AI).

“Para mahasiswa baru berkesempatan untuk berinteraksi dengan senior dan dosen melalui avatar yang mereka buat di dunia virtual Metaverse,” tambahnya.

Baca Juga: Begini Pesan Wakapolda Sulawesi Tenggara Momen Hari Juang Polri di Mako Brimob

Penanggung Jawab PBAK 2024, Dr. Sitti Fauziah, M., M.Pd, berharap penggunaan teknologi Metaverse dapat memberikan pengalaman yang lebih inklusif dan menarik bagi mahasiswa.

“Dengan Metaverse, mahasiswa yang berada di luar ruangan atau laboratorium misalnya, tetap dapat merasakan atmosfer kampus dengan cara yang unik dan modern,” jelasnya.

PBAK IAIN Kendari 2024 ini diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat keterikatan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus, serta memberikan mereka bekal yang cukup dalam menghadapi kehidupan akademik.

Selain itu, menurut Fauziah, kegiatan ini juga menjadi bukti nyata komitmen IAIN Kendari dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung digitalisasi kampus demi mewujudkan pendidikan yang inovatif dan adaptif. (Adv/B)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga