Penetapan 1 Ramadan, Kemenag Bombana Bergabung dengan Tim Pemantau Hilal di Kolaka

Hir Abrianto, telisik indonesia
Minggu, 11 April 2021
0 dilihat
Penetapan 1 Ramadan, Kemenag Bombana Bergabung dengan Tim Pemantau Hilal di Kolaka
Ilustrasi pemantauan hilal. Foto: Repro Google.com

" Kami sudah menerima undangan dari Kemenag Provinsi untuk bergabung dalam pemantauan hilal di Pantai Wolulu, Kolaka. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadan 1442 H/2021 M.

Rukyatul Hilal Sulawesi Tenggara akan dilaksanakan hari Senin (12/4/2021) petang di Pantai Wolulu Kecamatan Watubangga, Kolaka.

Kepada Telisik.id, Kepala Kemenag Bombana, Abdul Azis Bakking menuturkan, pihaknya telah mendapatkan undangan dari Kementrian Agama Provinsi untuk bersama-sama menghadiri rukyatul hilal pada Senin mendatang.

"Kami sudah menerima undangan dari Kemenag Provinsi untuk bergabung dalam pemantauan hilal di Pantai Wolulu, Kolaka," ucapnya melalui sambungan telepon, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Respon Instruksi Presiden, Pemprov NTT Gandeng Para Tokoh Percepat Relokasi

Hasil pemantauan hilal nantinya, akan disampaikan dalam sidang isbat. Masyarakat diharapkan menunggu keputusan pemerintah agar dapat melaksanakan puasa dengan hikmat.

"Seperti biasa, hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan kapan ibadah puasa dimulai," sambungnya.

Dalam rukyatul hilal di Kolaka, tokoh agama dan Ormas Islam Bombana tidak diikutsertakan dengan alasan pandemi COVID-19.

"Hanya pemerintah dan Ormas serta tokoh agama setempat (Kolaka) yang diikutkan. Kalau Bombana tidak perlu karena mengingat pandemi corona," pungkasnya. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga