Penilaian Pelayanan Publik Berada Posisi Buncit, Plt Bupati Muna Warning Kepala OPD

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 25 Januari 2024
0 dilihat
Penilaian Pelayanan Publik Berada Posisi Buncit, Plt Bupati Muna Warning Kepala OPD
Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta menerima hasil penilaian pelayanan publik dari Kepala Ombudsman Sulawesi Tenggara, Mastri Susilo. Foto: Ist.

" Dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, Muna berada di posisi paling buncit hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan Ombudsman Sulawesi Tenggara "

MUNA, TELISIK.ID - Ombudsman Sulawesi Tenggara telah merilis hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) se-Sulawesi Tenggara tahun 2023. Dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, Muna berada di posisi paling buncit.

Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta merasa malu dengan hasil terburuk yang capai itu. Karenanya, ia akan melakukan evaluasi terhadap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi sasaran penilaian Ombudsman.

"Saya akan evaluasi kepala OPD-nya. Kalau mereka tidak mampu, kita ganti. Masih banyak birokrasi yang mau berkorban untuk daerah," tegas Bachrun, Kamis (25/1/2024).

Untuk memperbaiki hasil penilaian itu, ia memerintahkan bagian Ortala untuk mengumpul OPD-OPD terkait untuk menidaklanjuti apa yang menjadi saran dari Ombudsman.

Baca Juga: Raih Posisi Tinggi Penilaian Ombudsman, Muna Barat Target Tingkat Nasional

"Pekan depan, kita harus tindaklanjuti. Kalau memang OPD tidak mampu memperbaiki, langsung bicara," timpalnya menegaskan.

Hasil penilaian di posisi terakhir itu, sama halnya membuktikan OPD tidak bekerja dengan baik. Karenanya, dibutuhkan evaluasi.

Baca Juga: Pengawasan Ombudsman Perlu Ditingkatkan, Nasir Idris: Peran Pers Lakukan Indepth Reporting

"Ini menyangkut maruah Pemda, makanya kita perlu evaluasi secara keseluruhan," terangnya.

Sementara itu, Sekda, Eddy Uga menerangkan, penilaian kinerja pelayanan publik itu terdapat di beberapa OPD. Antara lain Dinas PM PTSP, Disdukcapil, Dikbud, Dinsos dan Dinkes. Nah, untuk memperbaiki hasil penilaian itu dibutuhkan kerja sama semua OPD.

"Kita berharap ke depan, dengan kerja sama, hasil penilaian bisa memuaskan," tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga