Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kominfo Buton Selatan: 1 Oktober Momen Persatuan dan Kebersamaan

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Sabtu, 01 Oktober 2022
0 dilihat
Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kominfo Buton Selatan: 1 Oktober Momen Persatuan dan Kebersamaan
Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman ketika memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 di halaman SMP Negeri 1 Batauga. Foto: Ist

" Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Buton Selatan berjalan khidmat dan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Buton Selatan berjalan khidmat dan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman.

Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Buton Selatan, Kaimuddin berharap, peringatan tersebut merupakan moment persatuan dan kebersamaan di tengah dinamika kebangsaan, bisa terus terjaga menuju Indonesia yang maju dan sejahtera.

"Saya kira Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober merupakan pengingat bagi bangsa Indonesia, khususnya Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dan seluruh masyarakatnya bahwa perjalanan bangsa Indonesia pernah mengalami rongrongan dan cobaan atas ideologi dan dasar negara, Pancasila," tutur Kaimuddin, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Perubahan APBD 2022 Kabupaten Wakatobi Tidak Ditetapkan

Hal yang dilakukan oleh sekelompok gerombolan yang Bernama Gerakan 30 September 1965 atau biasa di sebut G30S/PKI kata Kaimuddin, semoga dengan mengingat peristiwa tersebut sebagai ASN juga sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, bisa terus mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila itu sendiri.

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan diketahui turut memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar upacara di halaman SMP Negeri 1 Batauga.

Upacara dipimpin langsung Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman dan hadir para Asisten, Staf Ahli Serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan peserta upacara terdiri dari para siswa dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Selatan.

Dalam kesempatan itu, dibacakan pula ikrar yang ditanda tangani Ketua DPR RI, Puan Maharani, sebagai berikut:

IKRAR

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Jalur Jalan Pegunungan Konda-Wolasi Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (C)

Penulis: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin

Baca Juga