Perpustakaan Modern Bakal Hadir di Buton Selatan, Dukung Literasi dan Kreativitas Masyarakat

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Minggu, 31 Maret 2024
0 dilihat
Perpustakaan Modern Bakal Hadir di Buton Selatan, Dukung Literasi dan Kreativitas Masyarakat
Desain gedung Perpustakaan Daerah Buton Selatan (kiri) La Ode Budiman, Pj. Bupati Buton Selatan saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Perpustakaan Daerah Buton Selatan (kanan). Foto: Ist.

" Pembangunan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Buton Selatan ditargetkan rampung pada Agustus 2024 "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Pembangunan Perpustakaan Daerah (Perpusda) telah memasuki tahap peletakan batu pertama dan pengerjaan pondasi gedung. Bangunan tersebut dijadwalkan akan rampung pada Agustus 2024 mendatang.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Buton Selatan, Edirudin, membenarkan bahwa telah dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung Perpustakaan Daerah Buton Selatan yang berlokasi di Kelurahan Lakambau, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan.

Peletakan batu pertama dihadiri Oleh La Ode Budiman Pj Bupati Buton Selatan, turut didampingi Pj. Sekda Buton Selatan La Hardin, bersama para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, serta tokoh agama setempat yang memimpin pembacaan doa pada prosesi rangkaian acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Perpustakaan Daerah Buton Selatan.

Dengan luas bangunan kurang lebih sekitar 7.000 meter persegi, peletakan batu pertama sempat mengalami keterlambatan. Bukan karena unsur kesengajaan, akan tetapi dikarenakan faktor kondisi alam yakni cuaca yang  tidak bersahabat.

Seperti hujan deras yang mengguyur lokasi peletakan batu pertama pembangunan gedung Perpustakaan Daerah yang mengakibatkan genangan air yang cukup tinggi. Tetapi tidak menyurutkan niat dan semangat untuk membangun gedung Perpustakaan Daerah tersebut.

Baca Juga: Kunjungi 2 Pasar, Pj Bupati Buton Selatan Dengarkan Curhat Pedagang

Edirudin menyampaikan, dalam rencana pembangunan gedung Perpustakaan Daerah, diperkirakan akan rampung Agustus 2024 mendatang. Namun, ia berjanji pihaknya bersama para kontraktor (pihak ke-3) akan menyelesaikan pengerjaan gedung Perpustakaan Daerah sebelum memasuki Agustus 2024.

Ia menambahkan, terkait anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan gedung perpustakaan ini, dikucurkan dana sebesar kurang lebih Rp 10 miliar.

Baca Juga: Pj Bupati Buton Selatan Hadiri Pelepasan ASN Purna Tugas

Pada kesempatan tersebut, ia turut menyampaikan harapannya bahwa dengan dibangunnya gedung Perpustakaan Daerah di Buton Selatan, masyarakat Buton Selatan baik umum maupun para pelajar dapat meningkatkan literasi.

Kata dia, membaca adalah jendela dunia sehingga dengan adanya gedung Perpustakaan Daerah, banyak masyarakat yang mau datang untuk membaca untuk meningkatkan literasi atau bahkan dapat meningkatkan kreativitas sebab Perpustakaan Daerah sendiri juga merupakan wadah untuk mendorong kreativitas masyarakat berkembang, salah satunya dengan membaca.

"Mudah-mudahan kami rencanakan selesai sebelum memasuki bulan delapan, dan tidak akan terlambat, itu target kami," ungkapnya, Senin (25/3/2024). (C-Adv)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga