Persawahan di 4 Desa Kolaka Timur Alami Kekeringan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 02 Oktober 2023
0 dilihat
Persawahan di 4 Desa Kolaka Timur Alami Kekeringan
Empat desa di Kecamatan Dangia, Kolaka Timur alami kekeringan akibat tidak adanya curah hujan beberapa hari belakangan ini. Foto: Ist.

" Tidak adanya curah hujan beberapa waktu belakangan ini, membuat kekeringan di sejumlah area persawah di sejumlah desa Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Tidak adanya curah hujan beberapa waktu belakangan ini, membuat kekeringan di sejumlah area persawah di sejumlah desa Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur.

Pemda Kolaka Timur melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) meninjau langsung kondisi sawah yang mengalami kekeringan.

Selain meninjau, Pemda Kolaka Timur juga memberikan penangan langsung atas masalah kekeringan yang menimpa petani di Kecamatan Dangia ini.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kolaka Timur, Ridwan mengatakan, setidaknya ada 4 desa yang mengalami kekeringan yakni Desa Mekar Jaya, Wande, Tetembuta dan Talinduka.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Tegaskan Soal Disiplin dan Produktiv Kinerja ASN

"Di mana empat desa di Kecamatan Dangia ini menjadi wilayah yang mengalami kekeringan sawah," jelasnya.

Ridwan menyebut, kekeringan yang melanda hampir seluruh wilayah Indonesia, bahkan Kolaka Timur secara khusus, adalah fenomena alam yang biasa disebut elnino.

Sehingga lanjutnya, setelah ia dan tim melihat dan mengamati secara, maka dirumuskan beberapa alternatif solusi untuk mengurangi dampak yang terjadi.

Pertama ungkap Ridwan, untuk solusi jangka pendek, pihaknya memberikan bantuan pompa air, untuk menyuplai air ke sawah yang sudah mengalami kekeringan. Kedua, pengaturan jadwal suplay air ke sawah terdampak secara bergantian.

“Untuk penanggulangan jangka Panjang, dapat dilakukan dengan merehabilitasi bendungan yang berada di Desa Gunung Jaya," jelasnya.

Dengan perbaikan bendungan tersebut beber Ridwan, daya tampung air akan lebih besar dan debit air yang tersdia, lebih banyak. Langkah berikutnya adalah, dengan menghubungkan jaringan irigasi yang telah di bangun oleh BWS, dengan Bendung di Desa Mekar Jaya, yang mana selama ini sudah memiliki jaringan irigasi yang menjangkau area persawahan keempat desa yang, sudah disebutkan diatas.

"Dengan demikian kita sudah memiliki dua sumber air yang cukup besar,’’ jelasnya.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Pastikan Kekurangan Gaji PPPK Guru dan Nakes Segera Diproses

Ie menjelaskan sesuai dengan instruksi dari  Bupati Kolaka Timur, secepatnya pihaknya akan kerjakan bersama-sama, agar tak ada lagi kekeringan sawah. Dan petani, bisa menanam dengan baik.

Sementara itu, Camat Dangia, Gede Edhi Sanjaya menjelaskan, empat desa yang mengalami kekeringan itu memiliki area persawahan yang cukup luas sehingga perlu penanganan yang cepat.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemda Kolaka Timur yang sudah berkenan melihat langsung kondisi sawah di Kecamatan Dangia, serta membantu untuk mengatasi kekeringan.

"Kita harap kekeringan ini cepat berlalu agar para petani bisa menanam dan panen tepat waktu," ungkapnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga