Pertama di Buton Selatan Program Makan Siang Gratis untuk Seluruh Siswa

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Selasa, 03 September 2024
0 dilihat
Pertama di Buton Selatan Program Makan Siang Gratis untuk Seluruh Siswa
Penyerahan bantuan perlengkapan sekolah kepada siswa kurang mampu SDN 2 Busoa, Buton Selatan oleh Dandim 1413 Buton bersama Pj Bupati Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Pertama kali di Buton Selatan, pemerintah daerah mendukung penuh program makan siang gratis untuk siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Pertama kali di Buton Selatan, pemerintah daerah mendukung penuh program makan siang gratis untuk siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal itu disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Buton Selatan, Parinringi. Dia mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh kegiatan makan siang gratis di Buton Selatan. Parinringi menyebutkan bahwa ini merupakan momentum bersejarah bagi masyarakat Buton Selatan sebab pencetusan program tersebut mendahului program presiden terpilih yang sama-sama memberikan makan siang gratis kepada seluruh siswa sekolah.

Ia mengatakan, program ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Buton Selatan bersama Dandim 1413 Kabupaten Buton. Sebelumnya, pihak Dandim 1413 Buton telah melakukan komunikasi dan koordinasi terkait pelaksanaan kegiatan tersebut. Untuk itu, Pemkab Buton Selatan menyambut baik selama hal itu untuk kebaikan masyarakat.

Lebih jauh Pemkab Buton Selatan bersama OPD terkait dan Dandim 1413 Buton serta stakeholder terkait akan menggelar rapat koordinasi untuk membahas agar program tersebut dapat terus berjalan dan serentak dilakukan di tujuh kecamatan di Buton Selatan. Dimana nantinya akan dilaporkan juga kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam hal ini Gubernur dan Panglima TNI.

“Melalui Hasanudin peduli anak sekolah makan siang, Pemkab Buton Selatan akan selalu memberikan dukungan yang kita kolaborasi dengan OPD terkait,” ungkap Parinringi, Senin (2/9/2024).

Baca Juga: Deretan Menu Makan Siang Gratis Ala Prabowo, Sumber Anggaran dari Dana BOS

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Buton Selatan, La Hardin, membenarkan bahwa program tersebut merupakan kerja sama antara Dandim 1413 Buton bersama dengan Pemkab Buton Selatan. Ia mengatakan, program ini merupakan pertama kali di Buton Selatan dan SDN 2 Busoa menjadi sekolah pertama yang dipilih pada pelaksanaan kegiatan ini, Senin (2/8/2024).

Sebanyak 103 siswa SDN 2 Busoa mulai dari kelas satu hingga kelas enam SD mendapatkan jatah makan siang gratis. Bukan hanya makan siang gratis namun diberikan pula bantuan perlengkapan sekolah kepada sejumlah siswa kurang mampu.

Sebab program tersebut juga masuk dalam program nasional, maka pihaknya akan melakukan rapat koordinasi bersama Forkopimda untuk membahas jangka panjang dari program makan siang gratis itu. Dimana nanti terdapat sekitar sepuluh ribu peserta didik se-Kabupaten Buton Selatan yang akan menjadi sasaran dari program tersebut.

“Kami akan lakukan di seluruh wilayah, tujuh kecamatan mulai dari SD sampai SMP di Buton Selatan,” ucap La Hardin.

Ia berharap program makan siang dapat terus berlanjut sebab program ini selain sangat dibutuhkan para siswa, juga disambut baik oleh para orang tua siswa di Buton Selatan.

Masih di momentum yang sama, Dandim 1413 Kabupaten Buton, Letkol Inf Ketut Janji mengaku bahwa program tersebut hampir saja dilaksanakan di Kabupaten Buton Tengah, namun karena beberapa alasan maka Kabupaten Buton Selatan terpilih sebagai lokasi pelaksanaan program Hasanudin peduli makan siang gratis di Sekolah.

Baca Juga: Makan Siang Gratis Sudah Dilakukan Negara Ini Sebelum Indonesia

Ia mengatakan, nantinya pada tahap kedua akan ada pembangunan dapur sehat. Ada lima kabupaten yang akan menjadi fokus sasaran. Ia berharap Kabupaten Buton Selatan menjadi satu dari lima kabupaten/kota yang terpilih di Sulawesi Tenggara.

Ia juga berharap program Hasanudin peduli makan siang gratis ini dapat terus berjalan dan dilanjutkan oleh kepala daerah Buton Selatan yang baru.

Diketahui pemberian makan gratis berlangsung di halaman Sekolah Dasar Negeri 2 Busoa, disaksikan oleh seluruh orang tua murid, guru dan kepala sekolah, Pj Bupati Buton Selatan, Parinringi, Kepala Dinas Pendidikan, La Hardin, Dandim 1413 Kabupaten Buton, Letkol Inf Ketut Janji, dan Danramil 1413 Batauga, Kapten Inf Harlin Ulo. (A-Adv)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga