Pertanyakan Survei Pilwali THI, AJP: Lucu dan Aneh

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 30 September 2021
0 dilihat
Pertanyakan Survei Pilwali THI, AJP: Lucu dan Aneh
AJP saat diwawancarai awak media di Kota Kendari. Foto: Ist.

" Survei tersebut terkait 10 tokoh yang bakal maju pemilihan Wali Kota Kendari pada 2024 mendatang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Politikus Partai Golkar, Aksan Jaya Putra (AJP) mempertanyakan hasil survei yang dikeluarkan oleh lembaga survei The Haluoleo Institute (THI).

Survei tersebut terkait 10 tokoh yang bakal maju pemilihan Wali Kota Kendari pada 2024 mendatang.

Sebab menurut AJP, berdasarkan survei internalnya melalui lembaga survei lain, elektabilitas petahana Sulkarnain Kadir jauh berbeda dengan hasil survei yang dikeluarkan oleh THI.

"Merasa aneh dan lucu saja. Saya sendiri sudah melakukan survei di bulan Juni. Masa interval hanya dua bulan elektabilitas Sulkarnain melejit begitu saja," kata AJP.

Pria yang beken dengan tagline Kendari Bisa! ini mengakui berdasarkan survei internal dirinya memang berada di bawah Sulkarnain dan Abdul Rasak. Dimana Abdul Rasak memiliki elektabilitas 29,8 persen, Sulkarnain Kadir 14,2 persen, dan AJP 13,4 persen.

"Ini tidak masuk akal, artinya saya melakukan survei dengan responden 1.200 lebih besar dari responden THI. Memang di survei saya posisi ke tiga hanya saja nilainya tidak seperti itu," ujarnya.

Kata AJP, sah-sah saja jika THI mengumumkan hasil surveinya. Hanya saja, ia merasa lucu dan aneh dengan hasil survei tersebut.

Baca juga: Siska Karina Imran Pindah ke NasDem, PAN: Alhamdulillah

"Silakan saja keluarkan hasil survei. Dari survei di internal kami, saya sudah survei per kelurahan, jadi saya sudah tau dimana saya lemah. Survei ini juga menjadi penyemangat saya untuk bergerak di lapangan untuk meningkatkan elektabilitas," pungkasnya.

Diketahui, AJP telah melakukan survei internal dengan memakai lembaga survei Parameter Publik Indonesia (PPI). Hasilnya, Abdul Rasak memiliki elektabilitas tertinggi dengan 29,8 persen Sulkarnain Kadir 14,2 persen, dan Aksan Jaya Putra 13,4 persen.

PPI menyelenggarakan survei pada 1-7 Juni 2021 dengan pengambilan sampel menggunakan metode multi stage random sampling.

Jumlah sampel dalam survei adalah 1.200 orang dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 2,9 persen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuisioner.

Menanggapi kritik AJP, Direktur Eksekutif THI, Naslim Sarlito Alimin mengatakan, tidak relevan membandingkan hasil lembaga surveinya dengan lembaga yang lain. Katanya, perbedaan tentu saja bisa terjadi.

Naslim mengaku, dirinya menghormati hasil survei yang dilakukan AJP, namun baiknya hasilnya dipublikasikan biar publik bisa melihat.

Baca juga: Ini Respon Wali Kota Kendari dengan Popularitas Tertinggi Versi THI

"Survei ini opini masyarakat, bukan data pasti. Sehingga dari waktu ke waktu tentu akan ada perubahan. Kalau menurut saya ini hal biasa yang sangat mungkin terjadi," kata Naslim, Kamis (30/9/2021).

Sebelumnya, Rabu (29/2/2021), THI mengeluarkan hasil survei terhadap 10 tokoh yang bakal maju pemilihan Wali Kota Kendari pada 2024 mendatang.

Hasilnya, Abdul Rasak mendapat angka 32,0 persen, Sulkarnain Kadir 29,8 persen,  Aksan Jaya Putra 3,6 persen, dan Siska Karina Imran 3,6 persen.

Di bawah mereka ada nama Ishak Ismail 3,4 persen, Sudarmanto Saeka 2,0 persen, dan Radhan Algindo Nur Alam 1,4 persen. Kemudian Andi Sulolipu 1,1 persen, LM. Inarto 0,9 persen Sitya Giona Nur Alam 0,5 persen.

THI menyelenggarakan survei pada 4-10 Agustus 2021 dengan pengambilan sampel menggunakan metode multi stage random sampling.

Jumlah sampel dalam survei adalah 440 orang dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 4,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuisioner. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga