Peserta Sail To Indonesia Bakal Singgah di Buton, Dispar Gelar Festival Teluk Pasarwajo

Febriyani, telisik indonesia
Jumat, 25 Agustus 2023
0 dilihat
Peserta Sail To Indonesia Bakal Singgah di Buton, Dispar Gelar Festival Teluk Pasarwajo
Teluk Pasarwajo yang akan menjadi pelabuhan para peserta sail to Indonesia tahun 2023. Foto: Ist.

" Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buton akan menyelenggarakan festival teluk Pasarwajo pada 2-5 September mendatang, guna menyambut peserta sail dari berbagai negara "

BUTON, TELISIK.ID - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buton akan menyelenggarakan festival teluk Pasarwajo pada 2-5 September mendatang, guna menyambut peserta sail dari berbagai negara.

Peserta sail to Indonesia 2023 direncanakan akan singgah di Buton, Sulawesit Tenggara, tepatnya di Drive Center Teluk Pasarwajo.

Kegiatan itu akan menghadirkan tari lawati, tarian khas Buton yang diperuntukan dalam menyabut tamu. Fashion show baju posua, yakni baju yang digunakan di masa peralihan remaja ke dewasa, dan baju tandaki baju yang di kenakan bagi anak yang sudah disunat.

Baca Juga: Stop Impor, 10 Paket Jalan Nasional di Indonesia Gunakan Aspal Buton

Selain itu, ada fashion show dengan kostum berbahan dasar limbah plastik. Fashion show akan diikuti para peserta sail, sehingga disebut sail Indonesia fashion week. Terakhir, Pekande-kande sebagai penutup festival.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Rusdi Nudi mengatakan, kegiatan itu akan diwarnai berbagai lomba  seperti lomba mewarnai bertemakan bawah laut, lomba permainan tradisional (bakiak), fashion show baju tandaki dan posuo, tari lawati, senam bertajuk tenun Buton.

"Untuk saat ini semuanya masih tahap persiapan. Kegiatan ini menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan budaya Buton. Karena kegiatan ini melibatkan tamu luar negeri, tentunya kami juga sudah menyiapakan para tour guide yang sekarang masih dalam tahap pembinaan," jelasnya. Jumat (25/8/2023).

Dalam menghadapi kegiatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Salmin mengaku, dalam mendukung kegiatan itu mereka berupaya untuk menata Pasarwajo menjadi kota yang bersih dari limbah plastik, dan penataan yang lebih indah lagi.

Baca Juga: Pemda Buton Tengah Lakukan Penguatan Infrasruktur Transportasi Penyeberangan Laut

"Pemberantasan limbah plastik sudah menjadi tanggung jawab kami, terlebih menghadapi even seperti ini," ungkapnya.

Dalam pengamanan, Kabag Ops Polres Buton, AKP Najamuddin mengaku, akan mengawal kegiatan dari awal hingga selesai.

"Ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami," ucapnya. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga