Petugas Sampah Dukung Rencana Pemkot Kendari Tiadakan TPS di Jalan Protokol

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 12 Juli 2021
0 dilihat
Petugas Sampah Dukung Rencana Pemkot Kendari Tiadakan TPS di Jalan Protokol
Sampah yang berserakan di luar bak sampah di Kota Kendari. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Rencana meniadakan tempat pembuangan sampah (TPS) atau bak sampah pada akhir tahun 2021, mendapat dukungan dari petugas pengangkut sampah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Rencana meniadakan tempat pembuangan sampah (TPS) atau bak sampah pada akhir tahun 2021, mendapat dukungan dari petugas pengangkut sampah.

Salah seorang petugas pengangkut sampah Kota Kendari, Amsar mengatakan, dengan meniadakan bak sampah di jalan protokol ini bisa mengurangi sampah yang berserakan di jalan.

Pasalnya, seringkali masyarakat membuang sampah bukan dalam bak sampah, tapi di luar seperti di pinggir jalan atau drainase.

"Dihilangkan bak sampah, yah mudah-mudahan bisa, karena masyarakat kita ini terkadang kita lewat mereka baru buang sampahnya. Padahal sudah ada jadwal buang sampah dari jam 5 sore sampai jam 6 pagi," katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Rencana meniadakan bak sampah ini dilakukan Pemerintah Kota Kendari untuk meminimalisir terjadinya kekumuhan kota, khususnya di sepanjang jalan protokol.

Baca juga: COVID-19 di Sultra Menggila, Kendari Kembali Sumbang 48 Kasus Positif

Baca juga: Membandel dan Tetap Buka di Masa PPKM, Kafe dan PKL Ditutup Paksa

Pemkot Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari pun tak henti-hentinya mensosialisasikan rencana peniadaan bak sampah tersebut.

Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengatakan, untuk saat ini pihaknya menggandeng JARS Foundation mensosialisasikan peniadaan bak sampah tersebut.

Dimana, kata dia, ke depan sampah warga akan dijemput di rumah masing-masing oleh petugas yang tergabung dalam komunitas peduli lingkungan yang dibentuk di setiap kelurahan.

"Nanti sampah dijemput di rumah pakai motor viar atau gerobak. Tinggal nanti ada iuran yang disepakati warga untuk biaya operasional komunikasi peduli lingkungan ini," katanya.

Program peniadaan bak sampah ini ditargetkan akan dilakukan pada Desember 2021 mendatang. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga