Pijar Inspirasi di Konawe jadi Pemantik Api Cita-cita Anak Bangsa

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 12 Mei 2024
0 dilihat
Pijar Inspirasi di Konawe jadi Pemantik Api Cita-cita Anak Bangsa
Komunitas Kawan Inspirasi saat melaksanakan kegiatan Pijar Inspirasi di sekolah. Foto: Ist.

" Dalam rangka terus memberikan inspirasi dan motivasi kepada anak bangsa, Kawan Inspirasi Kendari menggandeng tenaga profesional dari berbagai bidang dalam penyelenggaran acara bertajuk Pijar Inspirasi di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka terus memberikan inspirasi dan motivasi kepada anak bangsa, Kawan Inspirasi Kendari menggandeng tenaga profesional dari berbagai bidang dalam penyelenggaran acara bertajuk Pijar Inspirasi di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sabtu (11/5/2024)

Pijar Inpirasi merupakan acara tahunan yang berfokus pada peningkatan semangat dan motivasi siswa SD di pesisir untuk melanjutkan pendidikan dan meraih cita-cita dengan penuh keyakinan dan keberanian melalui pengalaman langsung yang diberikan oleh para tenaga profesional.

Tahun ini, terdapat 66 formasi profesi yang ikut terlibat dalam menyukseskan acara dengan diikuti oleh total 868 siswa-siswi dari 10 sekolah di Kecamatan Soropia yakni SDN 1 Tapulaga, SDN Bajo Indah, SDN 1 Bokori, SDN 3 Bokori, SDN 1 Toronipa, SDN 2 Toronipa, SDN 1 Soropia, SDN 3 Soropia dan SDN Sawapudo.

Baca Juga: Tiba di Kendari, Presiden Jokowi Menginap di Hotel Claro Malam Ini

Kegiatan diisi dengan Kelas Interaksi langsung antara para profesional dengan siswa-siswi menggunakan alat peraga. Penyelenggaraan kegiatan dibagi dalam tiga sesi yakni hari Presepsi yang diselenggarakan pada 28 April 2024, Hari Pijar Inspirasi dan hari Apresiasi pada 11 Mei 2024.

Inspirator Kawan Inspirasi Kendari bersama siswa-siswi di Kabupaten Konawe. Foto: Kawan Inspirasi

 

Dalam sambutannya, ketua panitia Ricky Aryansah mengatakan, kegiatan Pijar Inpirasi memberikan harapan melalui inspirasi. Program ini membina pijar yang terus menyala di hati setiap siswa.

Dengan menyediakan pengalaman inspiratif dan interaksi langsung dengan berbagai profesi, dapat membangun motivasi dan semangat yang kokoh dalam diri siswa untuk mengejar impian dan mencapai cita-cita mereka dengan penuh keyakinan.

"Dengan ketulusan dan komitmen dari berbagai pihak yang terlibat, kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan maksimal, harapannya kegiatan ini dapat menjadi pemantik api semangat anak bangsa dalam menggapai cita-cita," kata Ricky Aryansah.

Salah seorang inspirator, Tri Caesar menyampaikan, objek kegiatan Pijar Inspirasi tahun ini memang untuk anak-anak pesisir. Dengan tujuan agar sebagai inspirator mengetahui kondisi dan kehidupan sekolah di wilayah pesisir.

Baca Juga: Dampak Badai Matahari Ekstrim Hantam Bumi, Listrik Mati hingga Kemunculan Aurora

"Asli bahagia dan bersyukur banget bisa ikut Pijar Inspirasi 2024, berterima kasih untuk tim Kawan Inspirasi, karena diberi kesempatan lagi untuk ikut kegiatan positif ini. Saya dapatnya di SDN 2 Toronipa, guru dan adik-adiknya baik-baik bangat. Welcome bangat menerima kami, dan saya mendapatkan respon yang baik di setiap kelas," kata Tri Caesar melalui pesan WhatsApp, Minggu (12/5/2024).

Ia menyampaikan, inti dari kegiatannya tersebut untuk memberikan inspirasi kepada anak-anak dalam meraih mimpi atau cita cita mereka, memberikan suara bahwa ada banyak profesi yang tidak hanya diketahui secara umum.

Selain pengetahuan, meningkatkan minat atau kemampuan bakat juga itu penting dalam meraih cita-cita mereka. Kawan Inspirasi Kendari, menyiapkan wadah untuk adik-adik yang kesulitan atau belum mengetahui banyak profesi yg bisa di raih diluar sana yang menunggu mereka. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga