Pilkades Serentak Bombana, 89 Cakades Status Incumben

Hir Abrianto, telisik indonesia
Minggu, 13 Februari 2022
0 dilihat
Pilkades Serentak Bombana, 89 Cakades Status Incumben
Para calon Kepala Desa Tirongkotua, Kecamatan Kabaena, Kabupaten Bombana. Foto: Ist

" 89 di antara ratusan calon kepala desa adalah mereka yang baru saja berakhir masa jabatannya pada 26 Januari 2022 lalu "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak sebentar lagi bakal dilaksanakan, tidak terasa tersisa 6 hari ke depan, yakni 20 Februari 2022.

Secara keseluruhan, terdapat 109 desa yang melakasanakan Pilkades dari 121 desa di Kabupaten Bombana. Dari 109 desa yang melaksanakan Pilkades, 89 lainnya diikuti oleh calon kepala desa yang sudah pernah menjadi kepala desa sebelumnya, atau periode 2016-2022.

Kepala Dinas PMD Bombana, Hasdin Ratta mengatakan, 89 di antara ratusan calon kepala desa adalah mereka yang baru saja berakhir masa jabatannya pada 26 Januari 2022 lalu.

"Total ada 109 desa. Kemudian ada 89 desa yang calon kepala desanya adalah Incumben," ucap Hasdin Ratta.

Salah satu calon kepala desa incumben di Desa Tirongkotua, Kecamatan Kabaena, Abdul Madjid mengungkapkan, ia masih ingin mengabdikan dirinya melakukan pembangunan di kampung halamannya.

Baca juga: Lantik 23 Kades, Bupati Buton Sebut Gaji Mereka Tertinggi di Sultra

Menurut Abdul Madjid, masa kepemimpinannya priode 2016-2022 program pembangunan yang terlihat secara fisik belum membuatnya merasa berhasil membangun desa, meski dengan keterbatasan anggaran.

Di antaranya adalah gedung aula serba guna, sarana olahraga, jalan produksi (jalan tani), drainase, deker serta jalan setapak, dan air bersih.

Jika masih diberi kesempatan oleh masyarakat Desa Tirongkotua, dirinya bakal membangun sanggar seni untuk melestarikan seni dan budaya di desanya yang disebutnya sebagai desa berirama.

"Pertama, sanggar seni belum ada padahal kita dikenal sebagai desa berirama. Kedua, akan melakukan perluasan kawasan mukim, ketiga, siap bangun jalan menuju tempat wisata permandian dan benteng wisata," Ucap Abdul Madjid saat ditemui pada Minggu (13/2/2022).

Baca Juga: Terekam Kamera INCAR, Terpantau 77.492 Masyarakat Jatim Langgar Aturan Lalu Lintas

Terpisah, Cakades Desa Batuawu Kecamatan Kabaena Selatan, Syafruddin yang juga calon incumben menyebutkan, berdasarkan pengalamannya, pihaknya akan betul-betul menjalan program sesuai kebutuhan masyarakat sebagaimana yang tertuang dari hasil musyawarah desa.

Katanya, periode pertama, ia berhasil memberi ketersediaan air bersih, sarana olahraga, serta pemberdayaan kepada masyarakat dengan memberikan fasilitas usaha baik petani maupun nelayan.

"Jika masih dipercayakan, maka perkembangan desa adalah tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada kita untuk membangun desa," terangnya. (A)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga