Pj Bupati Ingatkan ASN Netral Jelang Pemungutan Suara Pilkades Serentak Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 29 April 2023
0 dilihat
Pj Bupati Ingatkan ASN Netral Jelang Pemungutan Suara Pilkades Serentak Kolaka Utara
Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, memimpin apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pemungutan suara pilkades serentak di Kabupaten Kolaka Utara. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" ASN diminta mempertahankan netralitas dan profesionalitas sebagai abdi negara, meski memiliki hak memilih dalam pilkades serentak di Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sebanyak 67 dari 127 desa di Kabupaten Kolaka Utara akan menggelar pemungutan suara atau pencoblosan pada pemilihan kepala desa serentak, Minggu (30/4/2023) besok.

Terkait itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk mempertahankan netralitas dan profesionalitas mereka sebagai abdi negara, meski memiliki hak memilih.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, berharap ASN dapat membantu pemerintah daerah khususnya penyelenggara pilkades memberikan edukasi positif kepada masyarakat terkait pemilihan kepala desa.

Baca Juga: Deretan Kafe Pinggir Laut Kasipute Bombana Mulai Buka Pasca Libur Lebaran

Bukan hanya ASN, Pj bupati juga  menekankan pentingnya netralitas dan profesionalitas TNI dan Polri untuk memastikan pilkades di Kolaka Utara berjalan lancar, aman dan demokratis.

“Saya berharap ASN, TNI, Polri bersikap netral dan profesional menjalankan tugas dalam pemilihan kepala desa. Serta bekerja sama mengedukasi masyarakat,” kata Parinringi, Sabtu (29/4/2023).

Mantan Wakil Bupati Konawe ini juga berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan bijak serta mempertimbangkan dengan seksama calon kepala desa yang akan dipilih.

"Pastikan kepala desa yang terpilih nantinya mampu memimpin desa dengan baik dan memenuhi kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades tingkat Kabupaten, Muchlis Bahtiar menyampaikan, pilkades kali ini diikuti 162 calon yang tersebar di 67 desa. Semua cakades telah menandatangani pakta integritas siap menerima apapun hasil pilkades nantinya.

Baca Juga: Saat Terbakar, Kantor Dinas PUPR Muna Barat Tak Ada Petugas Jaga

"Mereka menandatangani pakta integritas atau deklarasi siap menang dan kalah sebagai tanda kesediaan untuk mengikuti proses demokrasi dengan sportifitas dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan," terangnya.

Asisten I Sekda Kolaka Utara ini berharap, pemungutan suara pada pilkades serentak besok berjalan aman, lancar, dan demokratis.  (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga