Pj Bupati Muna Barat Himbau Percepatan Realisasi Anggaran

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 12 September 2023
0 dilihat
Pj Bupati Muna Barat Himbau Percepatan Realisasi Anggaran
Realisasi anggaran baru mencapai 47 persen, Pj Bupati Muna Barat himbau percepatan anggaran. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Realisasi anggaran daerah tergolong rendah, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat himbau seluruh OPD terus menggenjot untuk meningkatkan realisasi anggaran "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Realisasi anggaran daerah tergolong rendah, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat himbau seluruh OPD terus menggenjot untuk meningkatkan realisasi anggaran.

Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, realisasi anggaran saat ini masih mencapai 47 persen, sementara Pemerintah Pusat telah menyiapkan regulasi dan edaran misalnya pada triwulan pertama realisasi anggaran harus mencapai 20 persen, dan triwulan kedua harus mencapai 40 persen.

"Realisasi anggaran mencapai 47 persen terhitung pada 31 Agustus 2023 lalu," ungkapnya, Selasa (12/9/2023).

Ia menyebutkan, masih ada beberapa paket pekerjaan yang belum dilaksanakan, misalnya di Dinas PUPR tersisa 62 paket dan 8 paket di Dinas Pertanian belum dilaksanakan. Untuk itu ia meminta agar seluruh OPD melaksanakan langkah-langkah percepatan realisasi anggaran.

Baca Juga: DPPPA Muna Barat Beri Pendampingan Korban Pencabulan di Kusambi

Terlebih pendapatan Muna Barat saat ini masih 60,57 persen dari pendapatan asli daerah yang totalnya mencapai Rp 21,3 miliar, sementara realisasi saat ini yaitu Rp 12,9 miliar, dan paling rendah dari kelompok PAD jika dilihat dari jenisnya yaitu retribusi daerah.

Sehingga hal ini, menjadi sektor yang perlu dibenahi pada 2023. Olehnya itu, ia mengintruksikan agar mempercepat peraturan daerah terkait pajak dan retribusi daerah sebagai tindak lanjut UU Nomor 1 Tahun 2022.

Ia menyebutkan retribusi daerah rata-rata mencapai 7,1 persen, sementara pajak 21,50 persen, belanja daerah baru mencapai 37,58 persen, ini diakibatkan terlambatnya mengadakan barang dan jasa.

Untuk realisasi belanja modal daerah dari total 175 miliar yang baru terealisasi sekitar miliar, dan program prioritas daerah yang dilaksanakan ini untuk pembangunan kompleks perkantoran Bumi Praja Laworoku.

Ia juga menambahkan, Muna Barat saat ini juga realisasi BTT meningkat, yang mana dari total BTT daerah Rp 10,1 miliar, realisasinya mencapai Rp 10 miliar lebih dan menyisakan anggaran Rp 3 juta, realisasi BTT ini digenjot melalui kegiatan yang bersifat darurat dan mendesak.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Muna Barat, La Samahu mengatakan, pendapatan di Muna Barat pada sektor pajak masih rendah, dikarenakan masyarakat saat ini hanya membayar pajak bumi.

Baca Juga: Sebelum Dicabuli Teman Facebook, Gadis Belia di Muna Barat Sempat Dirudapaksa Paman dan Kenalan

"Untuk pajak bangunan saat ini di Muna Barat belum dipungut biaya, realisasi pendapatan daerah terkait pajak yaitu Rp 1 miliar," ujarnya beberapa waktu lalu.

Untuk itu, pihaknya akan segera melakukan verifikasi terhadap semua bangunan milik masyarakat berdasarkan nilai jual objek pajak (NJOP). Pasalnya NJOP ini juga masih limpahan dari Kabupaten Muna.

Saat ini juga pihak telah melakukan langkah dalam mengintensifkan pembayaran pajak dengan merekrut tim pendataan di tiap desa.

Samahu katakan, direkrutnya tim pendata dari warga setempat karena akan lebih tahu terkait pendataan pembayaran bangunan, ia mengaku pihaknya akan lakukan bimtek terlebih dahulu setelah dibuatkan format agar kinerja tim pendata maksimal dan akan menjadi acuan di tahun 2024. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga