Pj Gubernur Ungkap Point Penting Musrenbang Pemprov Sulawesi Tenggara

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 18 April 2024
0 dilihat
Pj Gubernur Ungkap Point Penting Musrenbang Pemprov Sulawesi Tenggara
Para pejabat lingkup Pemprov Sulawesi Tenggara saat melakukan sesi foto bersama. Foto: Ist.

" Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara telah digelar di Azizah Hotel Kendari, Kamis (18/4/2024) "

KENDARI, TELISIK.ID - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara telah digelar di Azizah Hotel Kendari, Kamis (18/4/2024).

Dalam acara ini, Brigjen Pol Dwi Iriyanto turut hadir untuk mendiskusikan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2044.

Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol P Andap Budi Revianto, membuka acara tersebut. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya Musrenbang sebagai fondasi untuk mencapai keadilan sosial sesuai amanat konstitusi.

Baca Juga: Perda untuk Dasar Penyusunan RKPD 2025 Sulawesi Tenggara Resmi Berlaku

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, agenda Musrenbang hari ini berkaitan dengan penyusunan RKPD 2025 dan RPJPD 2025-2045. Pj Gubernur menegaskan pentingnya kesesuaian kedua rencana tersebut dengan visi misi NKRI, dengan tujuan utama memenuhi hak-hak konstitusional rakyat untuk mencapai keadilan sosial.

Mantan Kapolda Sultra ini juga menyoroti pentingnya data dalam setiap tahapan pembangunan, mulai dari perencanaan hingga pemantauan. Ia menegaskan bahwa keadilan sosial tidak dapat terwujud tanpa data pembangunan yang akurat dan relevan.

Dalam Musrenbang kali ini, Andap memperkenalkan Peraturan Daerah (Perda) Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara Nomor 3 tahun 2024 tentang Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berbasis Data Desa dan Kelurahan Presisi. Perda ini bertujuan untuk menghasilkan data dasar yang akurat melalui pendataan desa/kelurahan.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Raih Penghargaan Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi

Ia juga menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada semua pihak atas diterapkannya Perda ini. Menurutnya, Perda ini menjadi yang pertama di Indonesia yang menekankan pentingnya integrasi tata kelola pemerintahan dan pembangunan berdasarkan data dasar yang presisi.

Musrenbang Pemprov Sulawesi Tenggara tahun ini menyoroti urgensi data dalam mencapai keadilan sosial. Dengan pendekatan yang presisi, diharapkan pembangunan di daerah ini dapat berjalan lebih efektif dan efisien, memastikan tercapainya kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga