Pj Kades Bakealu Muna Kecolongan, Pantai Ditutup Sejak COVID-19

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 01 Juni 2020
0 dilihat
Pj Kades Bakealu Muna Kecolongan, Pantai Ditutup Sejak COVID-19
Warga yang memadati pantai Bakealu. Foto: Ist

" Kita cegah hanya yang turun di pelabuhan dan yang lewat jalur darat. "

MUNA, TELISIK.ID - Pj Kepala Desa (Kades) Bakealu, Kecamatan Wakorumba Selatan, Kabupaten Muna, La Ode Arzal mengaku kecolongan dengan banyak warga yang berhasil tembus hingga ke pantai.

Ia tak tahu juga, kenapa hingga warga bisa memadati pantai itu. Padahal, tidak ada kegiatan di wilayah tersebut.  Apalagi, Pemerintah Desa (Pemdes) sejak wabah COVID-19 telah menuntup tempat wisata itu.  

"Saya juga kaget, warga secara spontanitas memadati pantai, padahal kita sudah tutup akses daratnya," kata Arzal.

Rata-rata warga yang datang menggunakan Kapal Motor (kantinting dan bodi batang) tidak sandar di pelabuhan. Mereka langsung sandar di pantai sehingga menyulitkan pihaknya bersama Satgas COVID-19 desa, kesulitan menghalau.

Baca juga: Dispar dan DPMD Muna Beri Sanksi Kades Bakealu

"Kita cegah hanya yang turun di pelabuhan dan yang lewat jalur darat," sebutnya.

Atas kejadian itu dia meminta maaf. Tidak ada unsur untuk melanggar protokol kesehatan. Ia pun mengaku telah mendapatkan teguran keras dari Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Sebelumnya beredar video di media sosial di mana puluhan masyarakat setempat melakukan aksi molulo dan joget di pulau Bakealu, di saat pemerintah melarang aksi mengumpulkan massa (Sosial distancing) di masa pandemi COVID-19.

Reporter: Sunaryo

Editor: Sumarlin

Baca Juga