Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup Temukan Banyak Drainase Tertutup Sampah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 05 Januari 2024
0 dilihat
Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup Temukan Banyak Drainase Tertutup Sampah
Memasuki musim penghujan, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup kembali memantau kegiatan Jumat Bersih dan beberapa titik drainase rawan banjir. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Dari tinjauan lapangan, Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup menemukan banyak drainase tersumbat dan dipenuhi sampah "

KENDARI, TELISIK.ID - Memasuki musim penghujan, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, kembali memantau kegiatan Jumat Bersih yang rutin dilakukan sejak menjabat. Kegiatan bersih-bersih dimulai dari area eks MTQ, lampu merah RS Korem, SPBU Saranani (drainase kiri kanan), kaawasan Hotel Zenit dan Venus Hotel.

Dari tinjauan lapangan ditemukan banyak drainase tersumbat dan dipenuhi oleh sampah. Beberapa drainase lainnya juga tertimbun oleh tanah dan semak belukar. Ia sudah meminta pada masing-masing camat dan lurah untuk memantau wilayahnya dan akan kembali melakukan pengecekkan Jumat depan.

Bahkan beberapa lurah mendapat teguran dari Muhamnad Yusup karena warganya tak aktif berperan dalam kegiatan tersebut. Salah satu lurah yang mendapat teguran adalah Lurah Korumba, Wahid Sulfian. Yusup mengimbau pada camat dan lurah mengarahkan warganya untuk bahu membahu membersihkan lingkungannya sendiri.

Di lapangan, Muhammad Yusup menyusuri satu persatu titik rawan banjir.  Ia menuturkan, selain mengantisipasi banjir, Jumat Bersih juga guna menciptakan Kendari yang aman, nyaman dan bahagia.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kendari Bakal Tertibkan Kawasan Trotoar yang Sering Digunakan Berjualan

"Kami bersama seluruh komponen masyarakat, Forkopimda, melakukan kegiatan bersih-bersih. Bagaimana setiap titik bisa diperbaiki agar tidak terjadi banjir," bebernya pada awak media di sela-sela tinjauan lapangannya.

Jumat Bersih dibagi di beberapa titik, adapun rute bersih-bersih di antaranya: perempatan rujab gubernur, Jalan Made Sabara, Warung Kopi Haji Anto, Jembatan Kopi Raja, Jalan Supu Yusuf sampai perempatan Hotel Athaya, perempatan Kejari, Kantor Lurah Korumba, Kanal Eks MTQ sampai Kopi Raja (drainase kiri kanan).

Baca Juga: Perdana Menjabat, Pj Wali Kota Kendari Tinjau Drainase hingga Masuk Gorong-Gorong

Drainase di Jalan Ir H Alala, Jalan Kakatua, Kelurahan Sodohoa, Kecamatan Kendari Barat, lalu tinjauan terakhir drainase di Jalan Baronang, Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari. Yusup juga mengunjungi kediaman orang tuanya yang berada di Jalan Baronang.

Nampak drainase tersebut telah dibersihkan dan beragam sampah plastik sudah diangkut dari dalam gorong-gorong yang selanjutnya akan diangkut oleh petugas kebersihan. Saat mengunjungi kediaman orang tuanya, ia disambut hangat oleh warga sekitar.

Kadis Kominfo Kota Kendari, Nismawati menyebut, program ini merupakan salah satu prioritas Pemkot Kendari dalam mengatasi banjir yang sering terjadi di Kota Kendari saat musim penghujan tiba. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS  

Baca Juga