PKK Kolaka Timur Gelar Sejumlah Pelatihan untuk Tingkatkan Pengetahuan Pengurus

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 02 November 2022
0 dilihat
PKK Kolaka Timur Gelar Sejumlah Pelatihan untuk Tingkatkan Pengetahuan Pengurus
Kegiatan TP PKK Kolaka Timur dalam meningkatkan pengetahuan di seluruh aspek kehidupan pengurus PKK. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Tim Penggerak PKK Kolaka Timur, terus berupaya untuk meningkatkan pengetahun seluruh aspek kehidupan bagi pengurus di semua tingkatan "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Tim Penggerak PKK Kolaka Timur, terus berupaya untuk meningkatkan pengetahun seluruh aspek kehidupan bagi pengurus di semua tingkatan.

TP PKK Kolaka Timur yang dipimpin Hartini Azis, menggelar pelatihan administrasi PKK desa/kelurahan, penyuluhan bahaya narkoba dan HIV Aids, pelatihan pengelolaan Up2k-Pkk dan sosialisasi Iva Test Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kolaka Timur, Hartini Azis menjabarkan sejumlah item pelatihan dan tujuannya.

Baca Juga: Genjot Produksi, Petani Kolaka Timur Mulai Tanam Padi Organik

Pertama, pelatihan adminitrasi bagi tim penggerak PKK desa/kelurahan bersama pengurus. Bertujuan meningkatan tertib administrasi pada seluruh pengurus Tim Penggerak PKK.

"Melalui kegiatan tertib administrasi, termasuk pencatatan, data yang akurat dan pelaporan secara berjenjang yang menjadi pola dasar kebijakan dalam menyusun program kegiatan yang tepat guna dan tepat sasaran," tambahnya.

Kegiatan TP PKK Kolaka Timur dalam meningkatkan pengetahuan di seluruh aspek kehidupan pengurus PKK. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Kedua, penyuluhan bahaya narkoba dan HIV Aids. Karena Narkoba dan penyebaran virus HIV Aids merupakan langkah untuk pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba dan Obat-obatan berbahaya.

"Serta penularan virus HIV Aids bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersarna agar generasi muda," tambahnya.

Ketiga, pelatihan pengelolaan UP2K-PKK bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Tim Penggerak PKK dan Kader PKK tentang pengelolaan pengembangan usaha ekonomi keluarga (UP2K-PKK).

"Maka Tim Penggerak PKK Kabupaten akan melaksanakan pelatihan pengelolaan usaha serta tata cara pengisian 3 buku UP2K-PKK sehingga kelompok-kelompok usaha di masyarakat dapat di kelola secara baik dan dapat menghasilkan," ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Fokus Atasi Kemiskinan Ekstrem

Serta yang ke empat adalah sosialisasi IVA test. Kelima sebut Hartini Azis, sosialisasi kanker serviks. Tujuannya karena salah satu gangguan yang kerap terjadi pada wanita,

"Penyakit ini dapat mempengaruhi sel-sel di leher rahim yang dapat membahayakan jika tidak segera di tangani," tutupnya.

Tempat sama, Ketua panitia kegiatan Saida melaporkan, jika tujuan pelaksanaan kegiatan yakni untuk menyamakan presepsi tentang pelaksanaan penerapan 10 program pokok PKK secara berjenjang dan tersosialisasinya pelaksanaan hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021 secara berjenjang.

“Terimakasih kepada Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Kolaka Timur yang begitu banyak memberi bantuan dan perhatian terhadap kegiatan ini sehingga dapat terlaksana sesuai yang diharapkan,” tutupnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga