PKS Belum Mengantongi Nama Balon Wabub Busel

Deni Djohan, telisik indonesia
Minggu, 05 Januari 2020
0 dilihat
PKS Belum Mengantongi Nama Balon Wabub Busel
Ketua DPD Partai Keadilan Sejahterah (PKS) Buton Selatan (Busel), La Muhadi, S.Pd. Foto: Istimewa

" Mekanisme pengusulan nama wakil ini sama dengan mekanisme pada pilkada. Maksudnya ada pengusulan di tingkat DPD, DPW dan DPP. Biasanya tiga nama dan minimal dua nama. Kemudian ditingkat DPP itu keluar satu nama. "

BATAUGA, TELISIK.ID - Setelah H La Ode Arusani resmi dilantik menjadi Bupati Buton Selatan (Busel) definitif, Selasa (31/12/2019). Konstalasi politik di Bumi Gajahmada itu memulai babak baru. Berdasarkan ketentuan, H La Ode Arusani wajib mengangkat wakilnya terhitung sejak 15 hari pasca pelantikan.

Baca Juga: Pj Sekprov Pastikan Pengaspalan Poros Raha-Wamengkoli Dipercepat

Sejumlah nama dari partai pengusung mulai bermunculan. Misalnya nama anak mantan bupati Buton LM. Safei yang tidak lain adalah adik bupati Busel sebelumnya, Agus Feisal Hidayat, yang diusung dari partai Demokrat, Aris Marwan. La Hijira dari partai Golkar. Karlina dan Dodi Hasri dari PDIP dan La Muhadi dari partai PKS.

Saat dikonfirmasi, ketua DPD PKS Busel, La Muhadi mengungkapkan, sejauh ini belum ada nama yang akan diusung patai religius itu. Nama-nama itu akan diketahui melalui hasil musyawarah partai.

 "Mekanisme pengusulan nama wakil ini sama dengan mekanisme pada pilkada. Maksudnya ada pengusulan di tingkat DPD, DPW dan DPP. Biasanya tiga nama dan minimal dua nama. Kemudian ditingkat DPP itu keluar satu nama," ungkap pria berdarah Lapandewa itu.

Sejauh ini, lanjutnya, PKS belum memiliki nama bakal calon (balon). Namun semua spekulasi memungkinkan mencari calon. Artinya, tidak mesti nama itu diambil dari kader partai. Bisa juga partai mengusul nama yang diluar kader.

"Hanya ini menunggu keputusan resmi partai. Kalau sudah ada nanti kita rilis," tambahnya.

Hingga kini, pihaknya masih terus membangun komunikasi dengan pihak-pihak terkait. Apakah nantinya nama ketua DPD partai PKS akan muncul itu juga akan diketahui melalui rapat keputusan partai.

"Yang pasti secepatnya kami akan umumkan nama bakal calon wakil ini," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun telisik.id, DPRD Busel akan menggelar rapat kerja dengan eksekutif membahas anggaran pelaksanaan pemilihan wakil. Pasalnya, proses pelaksanaan pemilihan wakil juga bergantung pada kekuatan anggaran daerah.

Reporter: Deni Djohan
Editor: Sumarlin

Baca Juga