Plafon Puskesmas Poasia Bocor, Pelayanan Terganggu

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 09 Agustus 2022
0 dilihat
Plafon Puskesmas Poasia Bocor, Pelayanan Terganggu
Akibat plafon Puskesmas Poasia bocor, air hujan selalu masuk dan menggangu kenyamanan pasien. Foto: Musdar/Telisik

" Ada beberapa bagian plafon yang bocor namun puskemas tidak mampu memperbaiki semuanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Atap plafon pada ruang tunggu Puskesmas Poasia bocor. Akibatnya, setiap hujan mengguyur, air selalu masuk dan menggangu kenyamanan pasien.

Kepala Puskesmas Poasia, Andi Nurmawanti mengungkapkan bahwa kondisi seperti ini sudah terjadi sejak Juli 2022. Diakui ada beberapa bagian plafon yang bocor namun puskemas tidak mampu memperbaiki semuanya.

"Sudah ada yang sempat kita benahi tapi belum bisa semuanya," ungkap Andi, Selasa (9/8/2022).

Kondisi tersebut sudah dilihat langsung oleh rombongan Komisi III DPRD Kota Kendari sewaktu berkunjung ke Puskesmas Poasia pada Senin (8/8/2022) kemarin.

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, LM Rajab Jinik mengungkapkan, plafon puskesmas yang sudah hampir ambrol bertolak belakang dengan visi misi pemkot yang menggaungkan pembangunan puskesmas/RS ke dalam dana program PEN.

Baca Juga: Layanan Puskesmas Bisa Pincang, DPRD Kendari Komit Tolak Honorer Dihapus

Sebagai puskesmas terbesar di Kota Kendari dengan PAD yang besar, tidak balance atau seimbang dengan perhatian dari dinas kesehatan.

Mestinya pemerintah kota melalui dinas kesehatan memberikan perhatiannya terhadap puskesmas sebagai sarana kesehatan. Dikatakan, jika ada bagian gedung puskesmas yang rusak, maka akan mengganggu layanan di puskesmas.

Baca Juga: Capai Rp 123 Miliar, 64 SMK Sulawesi Tenggara Terima DAK Tahun Ini

Untuk itu DPRD akan memanggil dinas kesehatan dan pihak terkait dalam rangka persiapan pembahasan APBD perubahan dan APBD induk 2023.

"Karena dalam proses perencanaannya kita harus tahu kebutuhan puskesmas jangan sampai kita hanya dengar dari phak dinkes," ucap legislator dapil Kambu-Baruga ini.

Diketahui, hingga kini Kota Kendari masih sering diguyur hujan. Jika hujan di waktu pagi atau pada jam pelayanan, maka akan mengganggu kenyamanan masyarakat yang datang berobat di Puskesmas Poasia selama plafon bocor belum diperbaiki. (B)

Penulis: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga