Ruas Jalan dan Rumah Warga di Kota Kendari Terendam Air

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Jumat, 14 Juli 2023
0 dilihat
Ruas Jalan dan Rumah Warga di Kota Kendari Terendam Air
Perempatan eks MTQ Jalan H.Supu Yusuf dan rumah warga yang terendam air. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Akibat tingginya curah hujan di Kota Kendari, puluhan rumah warga terendam air hingga lutut orang dewasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Akibat tingginya curah hujan di Kota Kendari, puluhan rumah warga terendam air hingga lutut orang dewasa. Selain rumah warga, air juga menggenangi beberapa ruas jalan.

Hingga Kamis (13/7/2023) malam, hujan masih terus turun. Namun curah hujan deras terjadi pada Rabu sore hingga malam hari, menyebabkan puluhan rumah warga di Kota Kendari terendam air.

"Hujan paling deras terjadi mulai Rabu sore, hingga rumah kami terendam sampai masuk dalam rumah," ungkap Hendra, salah seorang warga Jalan Bunga Kana, Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Hal serupa diungkapkan oleh Ondong, salah seorang warga jalan poros By Pass Jalan Ir. H. Alala. Dia mengaku, rumahnya sudah lagi langganan banjir setiap kali hujan.

Baca Juga: Ratusan Hektare Sawah dan Puluhan Rumah di Kolaka Timur Terendam Banjir

"Jangankan hujan deras, hujan biasa saja asal lama, pasti rumah kami sudah terendam air. Apalagi kalau hujan kayak kemarin, sudah pasti terendam," ungkap Ondong.

Hal itu, menurut Ondong, disebabkan tidak adanya drainase. Sehingga air hujan terjebak, tak bisa mengalir ke Teluk Kendari. Dia mengaku sudah beberapa kali mengajukan permintaan kepada pemerintah Kota Kendari, namun hingga saat ini tidak pernah mendapat perhatian.

Baca Juga: Puluhan Rumah di Kabupaten Kolaka Timur Terendam Banjir

"Jangankan drainase, pohon yang menghalangi untuk jalannya drainase saja sampai saat ini masih berdiri kokoh. Bahkan dari pihak Lingkungan Hidup sudah pernah mensurvei, namun sampai saat ini tidak ada tindakan. Jadi warga di sini pasrah saja kalau terjadi banjir," tuturnya.

Pantauan Telesik.id, beberapa ruas jalan juga terendam banjir, seperti yang terjadi di perempatan lampu merah eks MTQ Jalan H.Supu Yusuf. Kendaraan harus hati-hati karena tingginya genangan air. Sampai-sampai kios di pinggiran jalan tersebut ikut terendam air.

Bahkan terlihat beberapa mobil terpaksa balik arah akibat tingginya genangan air. Begitu pun di poros Jalan M.T Haryono depan Rumah Sakit Jantung, terjadi kemacetan akibat tingginya genangan air, hingga bahu jalan tidak terlihat akibat tergenang air. (A)

Penulis: Thamrin Dalby

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga