Pleno DPT Muna Alot

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 15 Oktober 2020
0 dilihat
Pleno DPT Muna Alot
Komisioner KPU Muna menggelar rapat pleno penetapan DPT. Foto: Sunaryo/Telisik

" Apa yang menjadi rekapitulasi di kecamatan, apabila ada masukan dan tanggapan masyarakat maka momennya di KPU untuk dilakukan perbaikan sesuai fakta yang semestinya. "

MUNA, TELISIK.ID - Rapat penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilakukan KPU Muna berjalan alot.

Utusan perwakilan Pasangan Calon (Paslon) terus melakukan sanggahan di setiap nama yang punya potensi diragukan keabsahannya.

Nama-nama itu kemudian dikonfirmasi langsung ke Disdukcapil untuk dicocokkan dengan data kependudukannya.

Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan, sebelum pleno penetapan DPT tingkat kabupaten, diawali dengan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh PPDP. Kemudian, dilanjutkan dengan pemutakhiran tingkat PPS dan PPK.

"Apa yang menjadi rekapitulasi di kecamatan, apabila ada masukan dan tanggapan masyarakat maka momennya di KPU untuk dilakukan perbaikan sesuai fakta yang semestinya," kata Kubais, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Bawaslu Hentikan Penyelidikan Camat Landono

Persoalan data daftar pemilih, menurut Kubais sangat dinamis. Bisa saja terjadi ketika sudah didata, lantas yang bersangkutan meninggal dunia dan pindah dengan membawa KTP-el. Karena itu, perlu dicermati lebih dalam.  

Hingga pukul 19.00 Wita, rapat pleno masih berlanjut. Baru 11 kecamatan dari 22 kecamatan yang daftar pemilihannya selesai.  

Jalannya pleno DPT itu juga dipantau oleh Komisioner KPU Sultra, Al Munardin bersama Bawaslu Muna.  

Al Munardin menerangkan, walaupun rapat pleno berjalan alot, namun diharapkan DPT yang dilahirkan akurat untuk kepentingan Pilkada 9 Desember nanti. Sehingga, tidak ada persoalan nantinya.

"Semoga DPT ini akurat," pinta pria yang kerap disapa Power itu. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardn

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga