Polda Sultra Tunggu Upgrade Server untuk Penggunaan SIM Nasional

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 13 April 2021
0 dilihat
Polda Sultra Tunggu Upgrade Server untuk Penggunaan SIM Nasional
Suasana peluncuran SIM Nasional di Aula Mapolres Kota Kendari. Foto: Siswanto Azis/ Telisik

" Kalau servernya sudah diupgrade di masing-masing Satpas di wilayah, maka dalam waktu dekat kita akan umumkan untuk dapat diakses masyarakat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jajaran Dit Lantas Polda Sultra untuk sementara belum dapat menggunakan Aplikasi SIM Nasional. Sebab saat ini masih sementara proses untuk mengupgrade server.

Hal tersebut disampaikan oleh Dir Lantas Polda Sultra Kombes Pol Rahmanto Sujudi. Menurutnya, hal tersebut dikarena teknisi vendor dari Mabes Polri belum dikirimkan dan server yang digunakan saat ini masih harus diupgrade.

“Kalau servernya sudah diupgrade di masing-masing Satpas di wilayah, maka dalam waktu dekat kita akan umumkan untuk dapat diakses masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dirlantas Polda Sultra Kombes Pol Rahmanto Sujudi menjelaskan, untuk saat ini yang baru bisa melayani untuk pengurusan SIM secara online baru di wilayah Pulau Jawa.

“Aplikasinya dapat didownload di appstore atau googleplay yang di dalamnya ada elektronik traffic law enforcement (ETLE) untuk tilang elektronik,” jelasnya.

Selain ETELE, menurut Kombes Pol Rahmanto Sujudi, di dalam aplikasi tersebut juga ada sinar khusus pengurusan SIM dan signal untuk Samsat.

Baca Juga: PT Tiran Mineral Tolak Tudingan Explor Anoa Oheo

“Ada juga National Traffic Manajemen Center (NTMC) untuk memantau perkembangan arus lalu lintas secara nasional,” jelasnya.

Aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) secara nasional resmi diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo hari ini, Selasa, (13/4/2021), tak terkecuali di Sulawesi Tenggara. Tetapi peluncuran dilakukan secara virtual oleh Polda Sultra di Aula Waspada Mapolres Kendari.

Dalam kegiatan ini, dihadiri oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Indrajaya, Dirlantas Polda Sultra, Kapolres Kendari AKBP Didik Erfianto, Kasat Lantas Polres Kendari, TNI, Ketua IMI Sultra, dan Pemerintah Kota Kendari. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga