Polisi Akan Hadirkan Saksi Ahli Terkait Konten Ceramah Mosehe Wonua Syirik Akbar

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 09 Maret 2020
0 dilihat
Polisi Akan Hadirkan Saksi Ahli Terkait Konten Ceramah Mosehe Wonua Syirik Akbar
Mashyur Masie Abunawas (tengah), Ketua LAT Sultra. Foto: Muhammad Israjab/Telisik

" Sebelumnya kami sudah masukkan laporan, Jumat (6/3/2020), terkait konten ceramah yang dianggap menyinggung masyarakat khususnya orang tolaki. Laporannya sudah diterima polisi, kami tinggal menunggu panggilan untuk BAP, baik saya sebagai pelapor, kemudian saksi ahli bahasa, saksi ahli agama dan penyebar video. "

KENDARI, TELISIK.ID - Polda akan menghadirkan saksi ahli guna penyelidikan kasus antara Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra dengan Ustadz Muzakir karena menganggap ritual Mosehe Wonua sebagai perbuatan syirik.

Menurut Divisi Hukum dan HAM LAT Sultra, Khalid Usman yang juga sebagai pengacara, pihak kepolisian akan memanggil beberapa saksi ahli untuk menyelidiki kasus tersebut.

“Sebelumnya kami sudah masukkan laporan, Jumat (6/3/2020), terkait konten ceramah yang dianggap menyinggung masyarakat khususnya orang tolaki. Laporannya sudah diterima polisi, kami tinggal menunggu panggilan untuk BAP, baik saya sebagai pelapor, kemudian saksi ahli bahasa, saksi ahli agama dan penyebar video,” ucapnya.

Baca Juga : Beli Sabu di Kolaka, Tiga Remaja Ditangkap di Bombana

Khalid Usman berharap agar polisi serius dalam perkara ini. Karena ini merupakan diskriminasi baik itu suku, agama ataupun ras. Sementara itu, pihak dari LAT belum menerima permintaan maaf dari ustadz ataupun keluarga.

Pengakuan berbeda diungkapkan Ketua Umum LAT Sultra, Mashyur Masie Abunawas (MMA) yang mengatakan pihak Ustadz Muzakir sudah melakukan pendekatan untuk meminta maaf, namun MMA sapaan akrabnya, tidak ingin langsung menerima permintaan maaf tersebut.

“Keluarga ustadz sudah beberapa kali menghubungi saya, namun saya belum merespon. Karena untuk urusan ini saya harus berkomunikasi dengan anggota lainnya. Namun, secara pribadi saya memaafkan, tetapi kami ingin permintaan maaf ini dilakukan secara adat,” ucapnya.

Baca Juga : Seorang Pria Bombana Luka Diparangi

MMA menganggap mestinya ucapan itu tidak boleh dilontarkan, karena ini menyinggung masyarakat tolaki. Karena adat mosehe, jauh sebelum Islam masuk ke tanah Sulawesi, ritual ini sudah dijalankan oleh para leluhur.

“Buat kami mosehe adalah hal yang penting dan sakral, erat kaitannya dengan agama. Namun ritual ini tidak menyalahi syariat agama. Memang ada pengorbanan dilakukan tapi bukan berarti untuk sesembahan selain Tuhan yang maha kuasa,” katanya.

Sebelumnya, Ustadz Muzakir menjadi penceramah Jumat di salahs atu masjid di Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka. Dalam ceramahnya ada ucapan yang ia lontarkan bahwa Mosehe Wonua adalah perbuatan syirik akbar, yang kemudian terekam oleh salah satu kamera jemaah. 

Kemudian beredar di media sosial (medsos) dan ini membuat masyarakat bereaksi atas ucapannya tersebut. Yang dianggap melecehkan salah satu suku di Sultra yaitu suku tolaki.

Baca Juga :  Oknum ASN BPBD Baubau Dilapor ke Polisi Diduga Aniaya Satgas Honorer

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Rani

Baca Juga