Polisi dan PPATK Berkoordinasi Dalami Dugaan TPPU AKBP Achiruddin Hasibuan

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Sabtu, 29 April 2023
0 dilihat
Polisi dan PPATK Berkoordinasi Dalami Dugaan TPPU AKBP Achiruddin Hasibuan
Kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, tempat kasus gudang berisi BBM bersubsidi ditangani. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara mendalami gudang BBM yang berada di seputaran kediaman AKBP Achiruddin Hasibuan di Jalan Karya Dalam, Medan Helvetia "

MEDAN, TELISIK.ID - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara mendalami gudang BBM yang berada di seputaran kediaman AKBP Achiruddin Hasibuan di Jalan Karya Dalam, Medan Helvetia.

"Iya, masih didalami oleh rekan rekan Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter)," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Teddy Marbun kepada awak media, Sabtu (29/4/2023) petang.

Informasi yang berkembang, gudang itu bukan milik AKBP Achiruddin Hasibuan. Namun, pihak pengelola diduga memberikan uang atau gratifikasi terhadap AKBP Achiruddin Hasibuan.

Baca Juga: Polisi Belum Kirim Surat Penghentian Laporan Anak AKBP Achiruddin Hasibuan

"Itulah yang masih didalami. Pengelola BBM itu ada izinnya, tapi kami masih dalami. Apakah semua izinnya itu sudah lengkap atau belum. Nama perusahaannya itu PT Almira. Kami juga masih mendalami siapa sebenarnya pemilik gudang itu," terangnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sumatera Utara mengaku, tim masih menyelidiki dugaan gratifikasi yang diberikan perusahaan swasta itu kepada AKBP Achiruddin Hasibuan.

"Soal dugaan gratifikasi dan TPPU terkait gudang solar yang berada di dekat rumah milik AKBP Achiruddin Hasibuan. Saat ini,  penanganan kasus tersebut sudah diselidiki. Selanjut akan dilakukan gelar perkara," ungkapnya.

Selain itu, rekening AKBP Achiruddin Hasibuan informasinya telah diblokir oleh tim PPATK adanya indikasi pencucian uang. Namun, Hadi mengaku belum tahu secara detail.

Baca Juga: Kompolnas Kawal Kasus Penganiayaan Menjerat Anak AKBP Achiruddin Hasibuan

"Yang jelas kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman PPATK. Untuk mendalami adanya dugaan pencucian uang itu," sambungnya.

Sebagaimana diketahui, pihak Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara awalnya melakukan penggeledahan di kediaman AKBP Achiruddin Hasibuan yang berada di Jalan Karya Dalam, Kecamatan Medan Helvetia, Rabu 22 April 2023.

Dalam kegiatan itu, polisi menemukan adanya dugaan gudang berisi BBM bersubsidi dan akhirnya didalami. Penggeledahan itu juga berdasarkan adanya kasus penganiayaan yang dilakukan oleh AH anak dari AKBP Achiruddin Hasibuan terhadap Ken Admiral, pada 22 Desember 2022 lalu. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga