Polres Kendari Siapkan 12 Posko Pengamanan Lebaran

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 13 April 2023
0 dilihat
Polres Kendari Siapkan 12 Posko Pengamanan Lebaran
Kapolresta Kendari Eka Fathurrahman saat diwawancara sejumlah wartawan di Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Polresta Kendari akan mendirikan 12 posko pengamanan Lebaran di pusat keramaian, pelabuhan, jalan rawan kecelakaan dan tempat wisata "

KENDARI, TELISIK.ID - 12 posko akan didirikan untuk pengamanan Lebaran tahun 2023. Posko akan didirikan di pusat keramaian, pelabuhan, jalan rawan kecelakaan dan tempat wisata. Polres Kendari akan menurunkan sebanyak 175 personelnya untuk pengamanan di posko itu.

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Eka Fathurrahman menjelaskan, personel akan mulai disiagakan 3 hari sebelum Lebaran hingga 11 hari setelah Lebaran. Rencananya operasi akan dimulai tanggal 18 April 2023.

"Operasi Ketupat Anoa ini akan berlangsung selama 15 hari, diawali dengan gelar pasukan," ungkapnya usai rapat koordinasi jelang Operasi Ketupat di Kantor Balai Kota Kendari, Kamis (13/4/2023).

Dia menambahkan, selain di posko, pengamanan juga dilakukan pada lokasi rawan seperti perumahan yang ditinggalkan warga yang mudik. Dan Pantai Toronipa akan menjadi salah satu fokus pengamanan selama liburan nanti.

Baca Juga: Pemkab Mubar Siapkan 5 Titik Posko Pengamanan Arus Mudik

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari Laode Manaz Solihin memprediksi, akan terjadi peningkatan arus lalu lintas selama Lebaran nanti, karena selain ada warga yang keluar, ada juga warga yang masuk.

Untuk memaksimalkan pelayanan ini, Dinas Perhubungan akan mempersiapkan fasilitas lalu lintas seperti lampu lalu lintas dan rambu lalu lintas, termasuk menyiagakan sebanyak 50 personel untuk mendukung di posko pengamanan.

Baca Juga: Ini 4 Posko Pengamanan Arus Mudik di Muna Barat

"Untuk mengurangi volume arus lalu lintas di jalan, sebaiknya menggunakan transportasi publik atau transportasi massal," katanya.

Dia menambahkan, untuk pengaturan lalu lintas, Dinas Perhubungan Kota Kendari akan menyiagakan personelnya 7 hari sebelum perayaan Lebaran Idul Fitri 1444 H. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga