Polres Muna Serukan Pilkada Aman dengan Protokol Kesehatan

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 10 September 2020
0 dilihat
Polres Muna Serukan Pilkada Aman dengan Protokol Kesehatan
Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho bersama Wabup, Abdul Malik Ditu menyerukan Pilkada aman dengan protokol kesehatan. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kami akan terus mengimbau Bacakada dan timnya untuk mematuhi protokol kesehatan di setiap pengumpulan massa dengan mengurangi jumlah dan wajib menggunakan masker. "

MUNA, TELISIK.ID - Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Muna menempati urutan ke tiga di Sultra. Saat ini yang menjadi kekhawatiran adalah munculnya klaster baru di tahapan Pilkada.

Karena itu, untuk mencegah penularan virus mematikan itu, Polres Muna menyerukan Pilkada aman dengan protokol kesehatan.  

Kata Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho, dalam pelaksanaan Pilkada, masing-masing bakal calon kepala daerah (Bacakada), tim sukses dan penyelenggara wajib menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu dalam rangka pengawasan.

"Kami akan terus mengimbau Bacakada dan timnya untuk mematuhi protokol kesehatan di setiap pengumpulan massa dengan mengurangi jumlah dan wajib menggunakan masker," kata Debby, Kamis (10/9/2020).

Senada dengan itu, Dandim 1416 Muna, Letkol Arm Andi Akbar menerangkan, semua pihak harus mengawal proses demokrasi secara aman dan sehat dari COVID-19.

Baca juga: Di-PHK, Puluhan Karyawan PT Jui Shin Indonesia Gelar Demonstrasi

Artinya kata dia, pelaksanaan Pilkada yang aman tidak cukup, tetapi dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk bisa menjaga kesehatan agar terhindar dari COVID-19.

"Edukasi masyarakat harus terus ditingkatkan," ujarnya.

Sedangkan Komisioner KPU Muna, Yuliana Rita, meminta pada LO masing-masing Bacakada di setiap kegiatan kampanye atau pengumpulan massa wajib menerapkan protokol kesehatan.

"Ini menyangkut kemanusiaan. Jadi harus dipatuhi betul protokol kesehatan," pungkasnya.

Pelaksanaan Pilkada aman dengan protokol kesehatan ditandai penyerahan masker dan cindera mata pada masing LO Bacakada, tim sukses, perwakilan pelaksana Pilkada dan pelepasan tim penggerak sosialisasi masker.

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga