Polres Muna Siapkan 2 Armada Gratis untuk Pemudik yang Tiba Dini Hari

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 19 April 2023
0 dilihat
Polres Muna Siapkan 2 Armada Gratis untuk Pemudik yang Tiba Dini Hari
Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin saat apel gelar pasukan operasi Ketupat Anoa. Foto: Sunaryo/Telisik

" Untuk memperlancar arus mudik, Polres Muna menyiapkan dua armada gratis bagi pemudik yang tidak mendapatkan angkutan umum saat tiba dini hari di Pelabuhan Nusantara "

MUNA, TELISIK.ID - Kepadatan arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 H mulai terlihat di Pelabuhan Nusantara Raha. Sudah tiga hari, jumlah pemudik yang menggunakan jasa kapal cepat dan kapal malam dari Kendari mencapai ribuan orang. Belum lagi, jalur penyeberangan feri Torobulu-Tampo.

Nah, untuk memperlancar arus mudik, Kepolisian Resort (Polres) Muna menyiapkan dua armada gratis bagi pemudik yang tidak mendapatkan angkutan umum saat tiba dini hari di Pelabuhan Nusantara.

"Armada Dalmas sudah kita stand by-kan di pos pengamanan pelabuhan," kata Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin, Rabu (19/4/2023).

Mulkaifin menerangkan, armada yang disiapkan itu, khusus untuk penumpang kapal malam yang tiba di pelabuhan di atas pukul 01.00-03.00 Wita dini hari. Ketika, mereka tidak mendapat angkutan umum untuk ke kampung halamannya, maka akan diantar.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Bupati Butur Ridwan Zakariah Pimpin Apel Operasi Ketupat 2022

"Tujuannya dari pelabuhan kita antar hingga ke Polsek Lawa dan Tiworo Kepulauan (Tikep), Muna Barat," sebutnya.

Sementara itu, Kabag Ops, Akp Muh Ogen Sairi mengaku, arus mudik mulai membludak. Dari data manivest kapal cepat dan kapal malam, jumlah penumpang dari Kendari tujuan Raha mencapai 1.670 orang.

Baca Juga: Operasi Ketupat Semeru 2022, Polrestabes Surabaya Kerahkan 1.041 Personel

"Jumlah pemudik masih akan bertambah pada H-2 dan H-1 lebaran," ujarnya.

Dalam mengamankan arus mudik dan arus balik, Polres Muna all out. Sedikitnya 118 personel diterjunkan yang dibagi pada 9 pos pengamanan. Jumlah personel, setiap pos antara 19-21 orang.

"Paling besar, personel kita tempatkan di Pelabuhan Nusantara yang di-back up TNI dan instansi terkait," tukas mantan Kasat Narkoba itu. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga