Poltekkes Kendari Menuju Perguruan Tinggi Kesehatan Unggul di Asia Tenggara

Siti Nabila, telisik indonesia
Jumat, 13 September 2024
0 dilihat
Poltekkes Kendari Menuju Perguruan Tinggi Kesehatan Unggul di Asia Tenggara
Teguh Fathurrahman, Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Kota Kendari. Foto: Devi/Telisik

" Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Kendari terus memperkuat komitmennya untuk bisa tetap bersaing dengan lembaga pendidikan tinggi yang sejenis "

KENDARI, TELISIK.ID - Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Kendari terus memperkuat komitmennya untuk bisa tetap bersaing dengan lembaga pendidikan tinggi yang sejenis.

Perguruan tinggi ini membidik untuk menjadi kampus yang unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi kesehatan, dan etika, dengan fokus utama pada peningkatan kesehatan masyarakat di daerah pesisir dan kepulauan.

Sebagai bagian dari misinya, Poltekkes Kendari mengembangkan berbagai program studi dan penelitian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat pesisir dan kepulauan, wilayah yang sering menghadapi tantangan dalam hal akses layanan kesehatan.

“Kami berkomitmen untuk menjadi pusat pendidikan kesehatan yang tidak hanya unggul di tingkat lokal, tetapi juga diakui secara nasional dan regional,” kata Direktur Poltekkes Kendari, Teguh Fathurrahman, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: Realisasi Pajak di Kota Kendari hingga Agustus 2024 Capai Rp 137 Miliar

Poltekkes Kemenkes Kendari menekankan pada tiga pilar utama dalam mencapai visinya, yakni ilmu pengetahuan, teknologi kesehatan, dan etika profesi.

Dalam bidang ilmu pengetahuan, kata Teguh, Poltekkes Kendari aktif mengembangkan kurikulum yang berbasis pada penelitian terkini dan relevan dengan masalah kesehatan masyarakat.

“Dalam teknologi kesehatan, Poltekkes Kendari berfokus pada inovasi-inovasi terbaru untuk meningkatkan efektivitas pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Sementara pilar etika profesi menjadi landasan utama bagi semua lulusan Poltekkes Kendari untuk selalu mengedepankan integritas dalam setiap praktik mereka.

Sebagai bagian dari upaya memperluas pengaruh dan dampaknya, Poltekkes Kendari menjalin kemitraan strategis dengan berbagai universitas dan institusi kesehatan di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Kampus ini juga menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat sehat dan memenuhi kebutuhan program pembangunan di bidang kesehatan, serta terpublikasi pada tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga: Update Jadwal Kapal KMP Bahteramas Rute Kendari-Langara Periode September 2024

“Kami yakin bahwa dengan pengembangan kualitas pendidikan, penelitian yang aplikatif, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan, Poltekkes Kemenkes Kendari dapat bersaing di tingkat nasional dan Asia Tenggara,” ujar Teguh.

Target untuk bisa kompetitif, menurut Teguh, sejalan dengan cita-cita Poltekkes Kemenkes Kendari untuk menciptakan generasi tenaga kesehatan yang kompeten, berdaya saing global, dan memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat pesisir dan kepulauan.

Poltekkes Kemenkes Kendari akan terus berinovasi dan beradaptasi dengan dinamika dunia kesehatan yang terus berkembang.

“Dengan dukungan dari seluruh civitas akademika dan masyarakat sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kesehatan masyarakat di Indonesia, khususnya di daerah pesisir dan kepulauan,” tandas Teguh. (C)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga