adplus-dvertising

Posisi Matahari Tepat di Bawah Kakbah Besok

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 13 Januari 2022
417 dilihat
Posisi Matahari Tepat di Bawah Kakbah Besok
Ilustrasi terik matahari di sekitar Kakbah. Foto: Repro Shutterstock.com

" Nadir Kakbah merupakan fenomena astronomis ketika Matahari berada tepat di nadir (titik terbawah) saat tengah malam "

JAKARTA, TELISIK.ID – Fenomena langka kembali akan terjadi, khususnya terkait dengan Matahari. Hal ini bakal menjadi pusat perhatian karena Matahari merupakan salah satu sumber energi terbesar bagi umat mansuia, di alam semesta.

Dikutip dari Okezone.com, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melaporkan akan terjadi fenomena Nadir Kakbah, besok, Jumat (14/1/2022).

Nadir Kakbah merupakan fenomena astronomis ketika Matahari berada tepat di nadir (titik terbawah) saat tengah malam.


Karena bentuk Bumi bulat, maka Matahari akan berada tepat di atas titik antipode Kakbah, yakni titik yang terletak di belahan Bumi yang berawanan terhadap Kakbah, ketika tengah hari.

Baca Juga: Delapan Alasan Pemerkosa 13 Santriwati Herry Wirawan Dituntut Hukuman Mati

"Sehingga, unjung bayangan Matahari selama pagi, siang, dan sore hari akan mengarah ke kiblat. Fenomena ini berlangsung 2 kali dalam setahun," tulis LAPAN yang dikutip dari keterangan resminya, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: KPK OTT Bupati Calon Ibukota Negara Terkait Suap dan Gratifikasi

Pada 2022, terjadi tepat 14 Januari pukul 00.29.30 Waktu Arab Saudi (06.29.30 WIT) dan kembali berlangsung pada 29 November pukul 00.08.45 Waktu Arab Saudi (06.08.45 WIT).

Penggunaan Nadir Kakbah dalam meluruskan arah kiblat hanya dapat digunakan bagi wilayah ketika Matahari berada di atas ufuk, di Indonesia sendiri seperti Maluku (kecuali Pulau Buru), Papua Barat, dan Papua.

Mengutip tribunnews.com, nadir kakbah merupakan fenomena astronomis saat Matahari tepat berada di nadir (titik terbawah) saat tengah malam bagi pengamat yang berlokasi di Kakbah. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga