Posisi Salat Anies dan Muhaimin Ramai Dikritik, Netizen: Mereka Lulusan Pondok

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 06 Februari 2024
0 dilihat
Posisi Salat Anies dan Muhaimin Ramai Dikritik, Netizen: Mereka Lulusan Pondok
Beberapa hari ini beredar foto paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sedang salat berjamaah. Foto tersebut diambil beberapa jam sebelum debat kelima Pilpres 2024. Foto: Solopos.com

" Beberapa hari ini beredar foto paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sedang salat berjamaah. Foto tersebut diambil beberapa jam sebelum debat kelima Pilpres 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Beberapa hari ini beredar foto paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sedang salat berjamaah. Foto tersebut diambil beberapa jam sebelum debat kelima Pilpres 2024.

Dalam foto itu, terlihat Cak Imin menjadi imam sementara Anies Baswedan berada di belakang menjadi makmum salat.

Ternyata foto itu ramai dibahas para netizen di platform X. Sebabnya adalah ada seorang netizen yang mengkritik cara salat berjamaah antara Cak Imin dengan Anies Baswedan.

Netizen dengan akun @RagilSemar mengatakan, posisi salat berjamaah Cak Imin dengan Anies Baswedan tidak tepat.

Baca Juga: Pemerintah dan DPR Sepakat Jabatan Kepala Desa Jadi 8 Tahun Maksimal 2 Periode

"Bagong harus mengkritik ini. Sholat jamaah kalau hanya berdua begini, posisinya tidak depan-belakang seperti ini," tulis akun @RagilSemar sambil mengunggah foto Cak Imin dan Anies salat berjamaah, dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id.

Seharusnya, kata dia, posisi salat berjamaah ketika hanya ada satu imam dan satu makmum laki-laki adalah bersebelahan.

Tidak seperti posisi Cak Imin dengan Anies Baswedan yang berjarak antara imam dan makmum. Menurut @RagilSemar, semestinya makmum berada di sebelah kanan imam.

"Seharusnya sebelahan. Makmum di sebelah kanan imam. Di Syafi'i dianjurkan makmum sedikit saja mundur, jadi tidak pas sejajar betul," tulis dia.

Tak sedikit netizen juga berpendapat lain, banyak di antara mereka yang yakin apabila di belakang Anies Baswedan masih ada jamaah perempuan yang tidak tertangkap kamera dalam potret tersebut.

Baca Juga: DKPP Sanksi Berat KPU Loloskan Gibran Cawapres, Begini Respons Kubu Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin

Apalagi, tampak ada sajadah yang digelar tepat di belakang Anies Baswedan meski tidak terpotret sosoknya.

Selain itu, di samping Anies Baswedan juga terdapat sajadah. Banyak netizen yakin bahwa mulanya di belakang imam ada dua makmum pria.

"Di belakang mas Anies apakah ada jamaah putri ? Kalo ada posisi tsb sudah benar berdasar hadits berikut "Dari Anas bin Malik r.a., beliau berkata: Saya bersama seorang anak yatim sholat di belakang Nabi SAW. Sedangkan ibuku, Ummu Sulaim, sholat di belakang kami." (HR Bukhari)," tulis salah satu netizen, dilansir dari Bisnis.com.

Salah satu akun Twitter juga ada yang mengingatkan pengguna yang lain bahwa Cak Imin dan Anies adalah mantan anak pondok, sehingga kemungkinan kecil mereka melakukan kesalahan dalam posisi salat berjamaah. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga