Posko Angkutan Laut Dibentuk, Pemudik Boleh Vaksin di Pelabuhan

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 21 April 2022
0 dilihat
Posko Angkutan Laut Dibentuk, Pemudik Boleh Vaksin di Pelabuhan
KSOP Kendari menggelar apel kesiapan posko lebaran 2022. Penumpang mendapat layanan vaksinasi di pelabuhan. Foto: Kardin/Telisik

" Menjelang mudik lebaran Idul Fitri 2022, Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari, mulai mendirikan posko angkutan laut bagi pelayanan para pemudik "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang mudik lebaran Idul Fitri 2022, Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari, mulai mendirikan posko angkutan laut bagi pelayanan para pemudik.

Kepala Kantor KSOP Kendari, Letkol Marinir Agus Winartono menyampaikan, fungsi posko yakni memonitor dan membantu pelaksanaan angkutan laut untuk menjaga keselamatan para pemudik.

"Ini bagian dari membantu masyarakat yang akan mudik lebaran, agar lancar. Terntunya ini bersama pihak terkait," ujar Agus Winartono, usai menggelar apel kesiapan posko angkutan laut 2022 di pelabuhan Nusantara Kendari, Kamis (21/4/2022).

Di posko yang berakhir pada 18 Mei 2022 itu juga disiapkan layanan vaksinasi bagi pemudik yang belum melakukan vaksin hingga tahap 3 atau booster.

"Yang pasti protokol kesehatan nomor 1 dan ikuti aturan keselatan selama perjalanan dalam kapal," cetusnya.

Baca Juga: Syarat Mudik Lebaran Lewat Bandara Haluoleo Kendari Terbaru, Booster Tak Wajib

Sementara itu, Kepala Operasional PT Darma Indah Pelabuhan Nusantara Kendari, Syardif Sarathan menuturkan, guna mencegah penumpukan penumpang jelang lebaran nantinya, pihaknya telah menyiapkan 8 kapal penumpang.

Sejumlah 8 kapal itu akan melayani Kendari-Raha 2 buah termasuk kapal malam, Kendari-Raha-Baubau ada 4 buah kapal, Kendari-Wanci 1 buah, ditambah cadangan 1 buah kapal.

"Semua kapal itu sudah stay di pelabuhan," bebernya.

Baca Juga: BKKBN Sultra Terima 2000 Paket Beras Fortitif dari Perum Bulog Sultra

Saat ini juga kata Syardif, tiket penumpang sudah menggunakan sistem online dengan barkode. Dua hari sebelum keberangkatan sudah bisa membeli tiket.

"Tinggal ke loket saja, di situ akan diberikan barkode, karena sudah online. Tidak ada lagi tiket offline," ucapnya.

Sementara untuk kondisi penumpang saat ini diakuinya belum mengalami kenaikan dan masih cenderung normal.

"Kecuali 1 Minggu jelang lebaran, baru mulai padat penumpang," pungkasnya. (B)

Reporter: Kardin

Baca Juga