Syarat Mudik Lebaran Lewat Bandara Haluoleo Kendari Terbaru, Booster Tak Wajib

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 21 April 2022
0 dilihat
Syarat Mudik Lebaran Lewat Bandara Haluoleo Kendari Terbaru, Booster Tak Wajib
Syarat mudik lebaran dengan pesawat di Bandara Haluoleo tak diwajibkan untuk booster. Foto: Repro Tokopedia

" Aturan tersebut tertuang dalam Addendum SE Satgas COVID-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi "

KENDARI, TELISIK.ID - Masyarakat yang akan berencana mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah dengan moda transportasi udara di Bandara Haluoleo Kendari, perlu memperhatikan syarat perjalanan terbaru.

Aturan tersebut tertuang dalam Addendum SE Satgas COVID-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi.

Adapun syarat perjalanan naik pesawat merujuk pada SE 16/2022 sebagai berikut.

  1. Bagi yang sudah mendapat vaksin dosis ketiga atau booster tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.
  2. Bagi yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua (kecuali usia 6-18 tahun) wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam atau hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.
  3. Bagi yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil 3×24 jam sebelum keberangkatan.
  4. Bagi yang belum vaksin karena kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil 3 x 24 jam sebelum keberangkatan. Pelaku perjalanan kategori ini juga wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa ia belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.
  5. Pelaku perjalanan usia di bawah 6 tahun dikecualikan dari ketentuan vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau rapid test antigen, namun wajib disertai pendamping perjalanan yang memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan COVID-19.
  6. Pelaku perjalanan usia 6-17 tahun dan telah menerima vaksin dosis kedua dikecualikan dari kewajiban menunjukkan hasil negatif rapid test antigen, namun wajib melampirkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua.

Baca Juga: Warga Cemas Kasus COVID-19 Kembali Membludak saat Mudik, Ini Himbauan Dinkes Kendari

"Syarat tersebut mulai berlaku pada 19 April 2022 untuk penerbangan seluruh daerah di Indonesia," kata Humas Bandara Haluoleo Kendari, Nurlansah.

Sementara itu Jubir Satgas COVID-19 Kota Kendari dr Alghazali Amirullah mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan mudik lebaran.

Baca Juga: BKKBN Sultra Terima 2000 Paket Beras Fortitif dari Perum Bulog Sultra

"Jangan lengah untuk terus protokol kesehatan dan patuhi imbauan pemerintah. Semoga badai COVID-19 segera berlalu," ucapnya. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga