adplus-dvertising

Proyek Pabrik Baterai Lithium Bakal Dibangun di Konawe

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Sabtu, 14 November 2020
1482 dilihat
Proyek Pabrik Baterai Lithium Bakal Dibangun di Konawe
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Ada beberapa daerah, kita rubah RTRW, supaya nanti bisa jadi kawasan Industri. "

KONAWE, TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara daerah yang kaya akan sumber daya alam. Membuat para investor dari beberapa negara kepincut untuk menanam modal di Bumi Anoa ini.

Di Kabupaten Konawe khususnya, daerah yang salah satunya sektor pertambangan yang menjadi andalan, baru-baru diproyeksikan akan membuat pabrik baterai lithium.

Rencananya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menyiapkan tiga lokasi pembangunan pabrik baterai lithium tersebut. Lokasinya yakni di Kecamatan Routa. Sementara itu ada beberapa pilihan daerah lain, seperti Kecamatan Amonggedo, Kecamatan Puriala dan Kecamatan Pondidaha.


Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, investor yang berasal dari negeri tirai bambu itu telah memasukan dananya untuk tahap awal. Namun hanya saja karena adanya pandemi COVID-19 yang melanda, terpaksa rencana investasi ini ditunda.

"Ada beberapa daerah, kita rubah RTRW, supaya nanti bisa jadi kawasan Industri," singkatnya.

Baca juga: Pulau Hoga, Segi Tiga Karang Dunia yang Karam Ditelan Pandemi

Ia menyebut, dengan kekayaan sumber daya alam yang ada di Sulawesi Tenggara, pihaknya mengklaim bahwa semua daerah di Sultra mempunyai potensi pertambangan.

"Hampir semua daerah di Sulawesi Tenggara punya potensi pertambangan yang luar biasa. Apalagi yang berhubungan dengan tanahnya untuk jadi bahan baku baterai lithium," pungkasnya.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu mengungkapkan, proyek pabrik baterai lithium tersebut ia rencanakan selesai sebelum masa jabatannya sebagai Bupati Konawe berakhir.

Sebagai informasi, proyek pabrik baterai lithium di Konawe ini nantinya akan menjadi yang kedua di Indonesia Timur setelah pabrik yang ada di Morowali, Sulawesi Tengah. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor:  Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga