PTM Digelar, Kadikbud Konawe Beri Pesan Kepala Sekolah dan Guru

Aris Syam, telisik indonesia
Sabtu, 26 Februari 2022
0 dilihat
PTM Digelar, Kadikbud Konawe Beri Pesan Kepala Sekolah dan Guru
Suasana proses Pembelajaran Tatap Muka di SDN 1 Unaaha. Foto: Aris Syam/Telisik

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe menghimbau kepada para guru agar memanfaatkan proses pembelajaran tatap muka (PTM) untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah "

KONAWE,TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe menghimbau kepada para guru agar memanfaatkan proses pembelajaran tatap muka (PTM) untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Konawe, Suryadi menjelaskan, dalam proses PTM yang telah berlangsung saat ini, pihaknya menghimbau para kepala sekolah dan guru untuk memaafkan momen tersebut untuk memperbaiki kualitas belajar murid yang awalnya daring ke tatap muka.

Kemudian langkah yang diambil, kata Suryadi yaitu dengan cara menganalisis efisiensi dan efektivitas pembelajaran di masa daring, hasil dari analisis itu akan menjadi bahan evaluasi para kepala sekolah dan guru untuk pembelajaran saat ini .

"Artinya, jika kemarin tingkat partisipasinya belajar anak kita kurang dengan sistem online maka di pembelajaran tatap muka yang saat ini berlangsung kita gas," jelasnya, Sabtu (26/2/2022).

Baca Juga: Tak Hanya Reok, Lamba Leda Utara NTT Juga Diterjang Banjir, Kerusakan Lebih Banyak

Lebih lanjut, kata Suryadi, untuk saat ini pihaknya memang tidak bisa pungkiri dari sisi efisiensi dan efektivitas belajar pada saat daring ini banyak menemui kendala dan permasalahan. Jauh berbeda dari tatap muka, terutama dari segi layanan pembelajaran kepada murid.

Misalnya, pada saat zoom atau daring ada beberapa siswa yang tidak memahami materi-materi pelajaran tertentu, karena adanya keterbatasan dan kendala seperti jaringan.

Tapi jika di PTM kali ini sudah jelas sangat berbeda. Pasalnya, karena murid langsung bertatap dengan gurunya, sehingga jika ada hal-hal yang kurang dimengerti, murid dapat bertanya langsung dan ini menjadi pembeda proses belajar daring dengan PTM.

"Jadi di PTM ini kita harus benar-benar manfaatkan ketertinggalan proses belajar saat daring kemarin kita perbaiki diproses PTM ini," katanya.

Baca Juga: Kemenag Konawe Siap Sosialisasikan Aturan Pengeras Suara Masjid dan Musala

Ia juga menambahkan, jika nantinya pihaknya akan menilai langsung tingkat efisiensi dan efektivitas di suatu sekolah itu jika terlihat kurang baik, maka pihaknya akan memberikan peneguran langsung sekolah tersebut.

"Untuk itu kami minta pada kepala sekolah dan guru harus lebih berinovasi dan berkreatifitas untuk meningkatkan mutu belajar untuk saat ini," pungkasnya. (C)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga