Puluhan Pesantren dan Masjid Ikut Disemprot Disinfektan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 24 Maret 2020
0 dilihat
Puluhan Pesantren dan Masjid Ikut Disemprot Disinfektan
Proses penyemprotan di salah satu masjid di Kota Kendari Foto: Istimewa

" Memang tidak mudah memutus jaringan virus ini, di sini dibutuhkan sinerginitas antara pemerintah dengan masyarakat. Maka kami berharap dengan langkah yang kami lakukan ini dapat memutus jaringan virus tersebu. "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah diumumkan wilayah Sultra masuk dalam kategori zona merah, upaya pencegahan penyebaran COVID-19 terus dilakukan. Bukan hanya di pasar dan jalanan saja, masjid dan pondok pesantren pun ikut disterilkan melalui penyemprotan disinfektan.

Penyemprotan disinfektan dilakukan oleh Dompet Duafa Sultra bekerjasama dengan Yayasan Shohabat Cinta Quran (SCQ) ini, menyasar sebanyak 11 mesjid dan pesantren yang ada di sekitar Kota Kendari.

Baca juga: Satu Warga Konawe Dalam Pengawasan COVID-19

Ketua Yayasan SCQ, Ustadz Lamimin mengatakan, melalui penyemprotan ini masyarakat bisa sadar untuk ikut serta dalam pencegahan COVID-19, yaitu dengan menjaga kebersihan diri, imunitas tubuh dan banyak tinggal di rumah saja.

Sebab, kata dia, penyemprotan disinfektan saja tidak cukup tapi dibutuhkan kesadaran setiap orang untuk melakukan sosial distracting, yakni tidak mendatangi tempat berkerumun, menjaga jarak 1 meter dengan orang lain ketika berbicara, dan sebagainya.

Mengingat, upaya sosial distracting ini merupakan salah satu upaya dalam antisipasi penyebaran virus COVID-19 yang juga dikenal virus Corona, sebagaimana yang disampaikan oleh Pemerintah Indonesia.

"Memang tidak mudah memutus jaringan virus ini, di sini dibutuhkan sinerginitas antara pemerintah dengan masyarakat. Maka kami berharap dengan langkah yang kami lakukan ini dapat memutus jaringan virus tersebut," katanya kepada telisik.id, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga : Cegah COVID-19, Rusman Emba Stand By di Pelabuhan

Adapun masjid yang disemprot adalah Masjid raya Al-Kautsar, Masjid Jami, Masjid Al Arif Mandonga, Masjid Arafurahim Kambu, Nasjid Al Mutmainah, Masjid Kuba Andonohu, Masjid Prof Yusuf Abadi dan Masjid Al-Alam.

Sedangkan untuk pondok pesantren adalah pondok pesantren Baron Kendari, pondok Ummmusabri, pesanten Al Asqoriah serta Sekolah Islam Islamic center muaz bin jabal (ICM) dan Kantor Dompet Dhuafah Sultra.

 

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Sumarlin

Baca Juga