Rampung 2023, Stadion Lakidende Standar FIFA Bakal Tingkatkan Prestasi Olahraga

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 16 November 2022
0 dilihat
Rampung 2023, Stadion Lakidende Standar FIFA Bakal Tingkatkan Prestasi Olahraga
Stadion Lakidende yang anggaran renovasinya mencapai Rp 200 miliar ditarget rampung 2023. Foto: Ist.

" Renovasi Stadion Lakidende yang disebut-sebut akan berstandar Fédération Internationale de Football Association (FIFA), ditargetkan dapat rampung pada 2023 mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID – Renovasi Stadion Lakidende yang disebut-sebut akan berstandar Fédération Internationale de Football Association (FIFA), ditargetkan dapat rampung pada 2023 mendatang.

Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul mengharapkan, renovasi Stadion Lakidende yang terletak di Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari ini bisa cepat rampung.

"Saya berharap Stadion Lakidende cepat selesai dengan baik," katanya, belum lama ini.

Baca Juga: Dispar Sulawesi Tenggara Beri Pemahaman Kegunaa HaKI Bagi Pelaku UMKM

Renovasi stadion ini terdiri dari tribun barat, timur, selatan dan utara. Serta penambahan pada beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti kualitas rumput yang digunakan, fasilitas kamar mandi, ruang ganti pemain, cafe dan persediaan kebutuhan pemain sebelum bahkan sesudah bertanding.

Konsep stadion berstandar FIFA yang bakal dibangun di Stadion Lakidende Kota Kendari. Foto: Ist.

 

Stadion ini digadang-gadang bisa menampung hingga 25 ribu orang dari sebelumnya yang hanya menampung sekitar 4 ribuan orang. Selain kapasitas bangku penonton, stadion ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang lain berstandar FIFA.

Stadion ini dibangun sejak 2021 lalu yang dianggarkan secara bertahap hingga Rp 200 miliar dan ditargetkan rampung pada 2023 mendatang.

Baca Juga: Intip Manfaat dan Fasilitas RS Jantung Kendari, Pertama di Kawasan Timur Indonesia

Anggaran Rp 200 miliar itu sebelumnya sudah diusulkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara ke pusat. Di mana anggaran tersebut sepenuhnya untuk pembangunan stadion kebanggaan warga Sulawesi Tenggara yang ditarget rampung tahun depan.

Diketahui, sejak dimulai tahun 2021, pembangunan tahap pertama Stadion Lakidende sudah diakomodir lewat APBD senilai Rp 28 miliar untuk membangun tribun bagian timur. Kini, tahap kedua tengah dirancang membangun tribun sisi selatan yang menelan anggaran Rp 17 miliar tahun ini.

Stadion yang terletak di Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari ini ditarget bisa segera fungsional sesuai rencana. Dengan harapan sebagai sarana peningkatan prestasi olahraga di Bumi Anoa.

"Terutama sepak bola kita agar bisa bermain di kancah nasional," tegas Fahri. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga