Ratusan Rumah di Kolaka Utara Terendam Banjir

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 02 Mei 2023
0 dilihat
Ratusan Rumah di Kolaka Utara Terendam Banjir
Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi bersama rombongan memantau langsung aliran sungai di Kecamatan Ngapa yang merusak area perkebunan warga. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Dampak luapan banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa malam (2/5/2023) meluas, sebabkan 211 rumah di dua desa dan satu kelurahan terendam air hingga setinggi pinggang orang dewasa "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Dampak luapan banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa malam (2/5/2023) meluas, sebabkan 211 rumah di dua desa dan satu kelurahan terendam air hingga setinggi pinggang orang dewasa.

Wilayah yang terdapak banjir yakni, Desa Tahibua, Kecamatan Tiwu sebanyak 60 unit rumah, Desa Patowonua, Kecamatan Lasusua 31 unit dan 120 unit rumah di Kelurahan Lapai, Kecamatan Ngapa.

Data tersebut masih bersifat sementara sebab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Utara masih merampungkan data.

Baca Juga: Ratusan Rumah di Kolaka Utara Terendam Banjir Setinggi Pinggang

"Sementara masih tahap pendataan," kata Kepala BPBD Kolaka Utara, Andi Faizal, Selasa (2/5/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, jika luapan banjir di Desa Patowonua penyebab utamanya akibat drainase yang buruk sehingga air tidak mengalir karena tersumbat dan meluber ke rumah-rumah warga.

"Saat ini air perlahan surut dan rumah yang masih tergenang telah dilakukan penyedotan menggunakan mesin pompa," terangnya.

Sementara, luapan banjir sungai di Desa Tojabi karena dekker jalan Trans Sulawesi tersumbat sampah pepohonan. Akibatnya, perumahan BTN di wilayah setempat tergenang.

Kata dia, luapan air terparah terjadi di Kelurahan Lapai, Kecamatan Ngapa merendam 120 unit rumah dan Desa Tahibuah 60 unit rumah.

"Selain banjir juga ada longsoran tebing di jalan poros Trans Sulawesi Desa Katoi, Kecamatan Katoi, tapi sudah dibenahi menggunakan loader," jelasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi yang meninjau langsung lokasi banjir dan warga terdampak di Kecamatan Tiwu dan Ngapa mengatakan, pihaknya telah mengerahkan alat berat milik Dinas PUPR guna melakukan penggalian saluran air yang tidak optimal dan terdapat sumbatan di sejumlah titik.

Baca Juga: Video: Akibat Beda Pilihan Cakades Dua Rumah di Kolaka Utara Dibongkar Paksa

"Kami berupaya agar genangan air lekas surut. Kami juga telah menyiapkan pompa air untuk melakukan penyedotan genangan air di rumah-rumah masyarakat guna disalurkan ke sungai," terangnya.

Tidak hanya itu, kendaraan pemadam juga telah dikerahkan ke lokasi untuk membantu warga melakukan penyemprotan endapan lumpur akibat banjir.

Kadis DPMPTSP Sulawesi Tenggara itu juga menggerakkan semua instansi terkait sinergi melakukan pembenahan di beberapa titik. Termasuk Dinas Sosial Kolaka Utara yang terjun langsung ke lokasi banjir guna mendata korban terdampak untuk disalurkan bantuan. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga