Rektor UHO Kukuhkan Empat Guru Besar Fakultas Pertanian

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 07 Desember 2021
0 dilihat
Rektor UHO Kukuhkan Empat Guru Besar Fakultas Pertanian
Foto bersama setelah proses pengukuhan empat Guru Besar Fakultas Pertanian UHO. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" UHO mengukuhkan empat Guru Besar baru yang berasal dari Fakultas Pertanian UHO, Selasa (7/12/2021). "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) menambah empat Guru Besar baru yang berasal dari Fakultas Pertanian UHO, Selasa (7/12/2021).

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, pencapaian predikat Guru Besar adalah awal mula sebuah perjuangan untuk memantapkan khazanah keilmuan yang telah diraih, dan selalu memiliki integritas yang tinggi, tanggung jawab moral, serta yang terpenting mampu memberi kontribusi kepada masyarakat luas.

Zamrun mengungkapkan, jumlah keseluruhan Guru Besar di UHO sebanyak 88 orang dalam bidang yang berbeda. Bertambahnya guru besar akan berkorelasi dengan kualitas sumber daya manusia dan kapasitas kelembagaan UHO dalam mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Tanggung jawab yang disandang, merupakan amanah yang sangat berat," ujarnya.

"Amanah ini bukan hanya kreatif dalam mencetak mahasiswa menjadi sumber daya manusia yang unggul, namun juga kreatif dalam melakukan berbagai riset," tambahnya.

Baca Juga: Seminar dan Kongres Nasional UHO, Ajang Aktualisasi Diri untuk Pemulihan Ekonomi

Di tempat yang sama, Ketua Senat UHO, Prof. Dr. La Niampe mengatakan, Guru Besar bukanlah sebagai gelar akademik yang diperoleh melalui proses pendidikan formal.

Guru besar adalah jabatan fungsional tertinggi di lingkungan perguruan tinggi yang memiliki masa tertentu. Artinya, jabatan fungsional itu hanya berlaku ketika yang bersangkutan masih menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Serta fungsi akademik lainnya sesuai dengan perundang-undangan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Guru Besar, Prof. Dr. Ir. H. I Gusti Ray Sadimantara menyampaikan, keempat Guru Besar yang dikukuhkan ini berasal dari Fakultas Pertanian.

Pertama adalah, Prof. Dr. Ine Fausayana, berdasarkan SK Mendikbud, nomor: 64872/MPK//KP/2020 tanggal 24 Juli 2020 TMT mulai tanggal 1 Juni 2020 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam Bidang Manajemen Agribisnis

Baca Juga: Tak Ingin Angka Putus Sekolah Meningkat, Dewan Kendari Siap Fasilitasi Beasiswa

Kedua, Prof. Ir. H. Saediman, M.Agr., Ph.D., berdasarkan SK Mendikbud nomor: 117083/MPK//KP/2020 tanggal 24 November 2020 TMT mulai tanggal 1 Agustus 2020 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam Bidang Sosial Ekonomi Pertanian.

Ketiga, Prof. Dr. Ir. Surni, M.S., berdasarkan SK Mendikub, nomor: 143752/MPK//KP/2020 tanggal 30 Desember 2020 TMT mulai tanggal 1 Desember 2020 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam Bidang Agribisnis/Pemasaran.

Keempat, Prof. Dr. Ir. Ansharullah, M.Sc., berdasarkan SK Mendikbud, nomor: 2817/MPK//KP/2021 tanggal 19 Januari 2021 TMT mulai tanggal 1 Januari 2021 diangkat dalam jabatan Guru Besar dalam Bidang Teknologi Hasil Pertanian. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga