Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah di Malam Penutupan Festival Wowine Wakatobi 2023

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Senin, 07 Agustus 2023
0 dilihat
Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah di Malam Penutupan Festival Wowine Wakatobi 2023
Malam penutupan Festival Wowine Wakatobi 2023. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Ribuan masyarakat Wakatobi tumpah ruah di Marina Togo Mowondu, untuk menyaksikan malam penutupan Festival Wowine Wakatobi 2023 "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Ribuan masyarakat Wakatobi tumpah ruah di Marina Togo Mowondu, untuk menyaksikan malam penutupan Festival Wowine Wakatobi 2023, Minggu (6/8/2023) malam.

Festival Wowine Wakatobi berlangsung sejak tanggal 4 hingga 6 Agustus 2023. Pada malam penutupan tersebut dihibur dengan penampilan siswa-siswi sekolah yang ada di Pulau Wangi-Wang, mulai dari puisi, teater dan tarian.

Bupati Wakatobi Haliana, Wakil Bupati Ilmiati Daud, Pj Sekda, sejumlah kepala OPD, peserta Sail to Indonesia dan tamu undangan lainnya tampak hadir.

Festival Wowine Wakatobi 2023 ditutup oleh Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud. Dia mengungkapkan, Festival Wowine merupakan gambaran yang sebenarnya bagaimana perempuan Wakatobi. Perempuan Wakatobi yang terkenal dengan ketangguhannya. Ditinggal suami berlayar hingga bertahun-tahun, terbiasa dengan gelombang ombak, angin, dan badai. Hal tersebut merupakan ciri perempuan pesisir Wakatobi.

Ilmiati Daud berharap, festival tersebut terus berlanjut dan diselenggarakan di Kabupaten Wakatobi. Karena Festival Wowine merupakan salah satu event yang mendukung Kabupaten Wakatobi sebagai salah satu top ten destinasi pariwisata Indonesia.

Baca Juga: Peran Perempuan dalam Budaya Maritim Wakatobi Melalui Festival Wowine

"Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, ekonomi masyarakat maju terus, UMKM juga semakin maju, Wakatobi maju dan berdaya saing," ucapnya.

Hal itu juga diungkapkan oleh salah seorang pengunjung, Maya. Ia menuturkan, pada malam puncak festival tersebut ia menikmati berbagai pertunjukan yang ada.

Dan ia juga berharap festival seperti itu harus terus berlanjut. Karena ia menilai dengan adanya kegiatan tersebut, maka akan memberikan dampak positif terhadap penjualan bagi pelaku UMKM di Wakatobi.

Baca Juga: Film Karya Dua Sutradara Asal Sulawesi Tenggara Semarakkan Festival Film dan Foto Wakatobi 2023

"Harusnya kegiatan seperti itu diadain tiap tahun. Karena hal tersebut berefek kepada masyarakat dan pelaku UMKM," bebernya.

Sementara salah seorang pengunjung lainnya, Aska menuturkan, Festival Wowine kali ini lebih ramai. Aska melanjutkan, untuk mendukung UMKM Wakatobi, ia berbelanja berbagai jualan dari tenant-tenant yang berada di lokasi festival.

"Seru, lebih ramai. Sambil nonton, jadi kita beli dagangan yang ada di sejumlah tenant-tenant di sini," ucapnya. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga