Rp 2 Miliar Bantuan Korban Kebakaran Pasar Laino Disalurkan

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 25 Agustus 2020
0 dilihat
Rp 2 Miliar Bantuan Korban Kebakaran Pasar Laino Disalurkan
Kadis Perindag, La Ode Darmansyah menyerahkan bantuan pada pedagang korban kebakaran. Foto: Sunaryo/Telisik

" Perencanaannya sudah tuntas. Kita juga sudah masukan proposal di Kementerian Perdagangan. Insya Allah, akan disahuti dengan anggaran Rp 12 miliar. "

MUNA, TELISIK.ID - Janji Bupati Muna, LM Rusman Emba memberikan bantuan pada para pedagang korban kebakaran Pasar Laino sebesar Rp 5 juta per orang bukan bualan semata.  

Selasa (25/8/2020), orang nomor satu di Bumi Sowite itu merealisasikan janjinya. Bantuan uang tunai sebesar Rp 2 miliar buat 400 pedagang korban kebakaran diserahkan langsung oleh Kadis Perindag, La Ode Darmansyah.

"Untuk penyalurannya langsung masuk ke rekening masing-masing pedagang," kata Darmansyah.

Selain memberikan bantuan uang tunai, Perindag juga membangunkan 300 kios sementara untuk para pedagang dengan total anggaran sebesar Rp 1,7 miliar. Sumber dana bantuan dan pembangunan kios dari Biaya Tak Terduga (BTT).

Baca juga: Tujuh PNS di Buteng Positif COVID-19

"Insya Allah, sesuai kesepakatan dengan Komisi II DPRD, pembangunan kios akan ditambah sekitar kurang lebih 400," sebutnya.

Ia berharap dengan bantuan itu dapat meringankan beban para pedagang. Pemkab tidak tinggal diam. Bila tak ada aral melintang, tahun 2021, para pedagang akan dibangunkan kios yang lebih representatif di lokasi kebakaran.

"Perencanaannya sudah tuntas. Kita juga sudah masukan proposal di Kementrian Perdagangan. Insya Allah, akan disahuti dengan anggaran Rp 12 miliar," ujarnya.

Awalnya, dari jumlah pedagang yang kiosnya terbakar sebanyak kurang lebih 600 orang. Setelah diverifikasi tinggal kurang lebih 400 orang. Tidak menutup kemungkinan jumlah itu bertambah, dengan catatan para pedagang dapat memperlihatkan bukti-bukti sebagai alas haknya.

"400 pedagang yang mendapat bantuan itu adalah benar-benar korban kebakaran," tukasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga