RSUD Buton Selatan Sediakan Layanan Poli Jiwa, Bakal Diserbu Gen Z?

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Kamis, 11 Januari 2024
0 dilihat
RSUD Buton Selatan Sediakan Layanan Poli Jiwa, Bakal Diserbu Gen Z?
dr. Frederik Tangke Allo Direktur RSUD Buton Selatan yang juga merangkap juga Dokter Bedah RSUD Buton Selatan. Foto: Ali/Telisik

" Dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan, layanan poli jiwa siap membantu konseling gangguan jiwa masyarakat umum dan terbuka, khususnya untuk untuk Gen Z "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan, layanan poli jiwa siap membantu konseling gangguan jiwa masyarakat umum dan terbuka, khususnya untuk untuk Gen Z.

Layanan poli jiwa yang menjadi salah satu terobosan baru pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton Selatan ini, sebenarnya sudah mulai beroperasi sejak Desember 2023. Namun baru efektif dan aktif pada awal tahun 2024.

"Baru efektif di tahun 2024 ini," dr. Frederik Tangke Allo, Direktur RSUD Buton Selatan.

dr. Frederik yang juga sebagai dokter bedah RSUD Buton Selatan ini mengungkapkan, sesuai regulasi Pemenkes tiap Rumah Sakit wajib menyiapkan 10 persen dari jumlah tempat tidur untuk ruang perawatan jiwa.

"Kami berusaha menyiapkan ruang perawatan jiwa sebagaimana regulasi Pemenkes, yang mewajibkan 10 persen jumlah tempat tidur untuk ruang perawatan," ujar dr. Frederik saat diwawancara di ruangan kerjanya, Rabu (10/1/2024).

Baca Juga: Pemkot Kendari Resmikan Rumah Sakit Antero Hamra November Ini

Bukan hanya layanan poli jiwa saja, untuk mendukung mutu peningkatan layanan tersebut ada dua layanan lain yang ditambahkan, yakni rawat jalan dan rawat inap diperuntukan untuk pasien yang mengalami gangguan jiwa.

Gangguan jiwa bukan hanya saja diperuntukkan untuk orang yang sudah gila (ODGJ). Namun, lebih jauh mereka yang mengalami masalah mental atau mental health (istilah yang sering digunakan) juga masuk dalam kategori gangguan jiwa.

"Gangguan jiwa tidak harus ODGJ, ada beberapa gangguan jiwa yakni gangguan jiwa ringan, sedang dan berat," ungkap dr. Frederik.

Ia berharap, dengan diadakannya layanan kesehatan poli jiwa dapat membantu orang yang konseling gangguan jiwa berat menjadi ringan.

"Begitu pula sebaliknya tidak membuat gangguan jiwa ringan menjadi sedang dan yang sedang menjadi berat," tutup dr. Frederik Tangke Allo.

Baca Juga: 8 Rumah Sakit di Surabaya Beroperasi 24 Jam Layani Piala Dunia U-17

Sebelumnya, layanan poli jiwa yang ada di RSUD Buton Selatan sudah disampaikan oleh Dinas Kesehatan Buton Selatan dalam upaya peningkatan fasilitas kesehatan kepada masyarakat.

"Untuk faskes sangat memadai di Buton Selatan, tahun 2024 sudah berjalan layanan poli jiwa yang ada di RSUD Buton Selatan," kata Hasriadi, Kepala Dinas Kesehatan Buton.

Saat ini, layanan poli jiwa sudah berjalan dan menangani salah satunya pemeriksaan kejiwaan pegawai PPPK Buton Selatan yang sudah dilaksanakan semua. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga