RSUD Kota Baubau Tangani 2 Pasien Anak Gagal Ginjal Akut

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Selasa, 25 Oktober 2022
0 dilihat
RSUD Kota Baubau Tangani 2 Pasien Anak Gagal Ginjal Akut
Faim (4) salah seorang pasien gagal ginjal akut yang sementara dirawat di RSUD Kota Baubau, dan dr. Wa Ode Nurul Husna, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Kota Baubau. Foto: Iradat kurniawan/Telisik

" Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau saat ini tengah merawat dua anak penderita gagal ginjal akut yang diduga akibat penggunaan obat sirop yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) "

BAUBAU, TELISIK.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau saat ini tengah merawat dua anak penderita gagal ginjal akut yang diduga akibat penggunaan obat sirop yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

Seorang dari dua pasien tersebut berasal dari Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan berusia 9 bulan dan telah dinyatakan meninggal dunia. Seorang lagi berumur 4 tahun asal Muna yang sementara masih dalam perawatan di ICU Rumah Sakit Umum Kota Baubau.

Kepada Telisik.id, dr. Wa Ode Nurul Husna selaku Kabid Pelayanan RSUD Palagimata mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan internal dan menurut data, kasus gagal ginjal pada anak telah ada sejak bulan Juli 2022 yang lalu.

"Semua masih diselidiki belum bisa dipastikan apakah pasien tersebut terindikasi akibat penggunaan obat sirop. Tapi kedua pasien tersebut memiliki riwayat minum obat sirop yang sering digunakan kedua pasien ketika sakit," jelas dr. Wa Ode Nurul Husna, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga: KPK "Obok-Obok" Kantor Bupati Bangkalan, AMI: Jual Beli Jabatan Sudah Menggurita

Untuk penanganan pasien tersebut, lanjutnya, telah sesuai tata laksana hasil diagnosa yang telah ditemukan serta pemeriksaan lainnya untuk memastikan diagnosanya.

Untuk sementara pihak RSUD Kota Baubau telah menghentikan penggunaan obat sirop sesuai dengan surat edaran Kemenkes RI.

Baca Juga: Peringati HSN, Ratusan Santri Jalan Santai Sambil Shalawatan

Dan pihaknya juga hanya fokus pada akuratif dan pengobatan kepada anak yang sakit serta mengimbau dan mengedukasi masyarakat melalui media-media sosial.

Uun, orang tua dari salah seorang pasien gagal ginjal anak yang sementara dirawat di ICU RSUD Kota Baubau menuturkan, anaknya mengalami gejala sakit setelah mengonsumsi obat sirop yang dibelinya di apotek.

Uun juga mengaku bahwa, sebelumnya, anaknya telah mengalami sakit demam panas tinggi dan seminggu setelah minum obat sirop tersebut, anaknya langsung drop. (B)

Penulis: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga