Ruksamin-Sjafei Kahar Dinilai Ideal Pasangan Cagub Sulawesi Tenggara

Kardin, telisik indonesia
Minggu, 23 Juli 2023
0 dilihat
Ruksamin-Sjafei Kahar Dinilai Ideal Pasangan Cagub Sulawesi Tenggara
Ruksamin dan Sjafei Kahar dinilai ideal jika berpasangan pada Pilgub Sulawesi Tenggara. Foto: Kolase

" Duet Ruksamin-Sjafei Kahar mengemuka di bursa pasangan calon Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara 2024. Keduanya digadang-gadang paslon ideal dan kuat, jika berkongsi di pilgub mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Duet Ruksamin-Sjafei Kahar mengemuka di bursa pasangan calon Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara 2024. Keduanya digadang-gadang paslon ideal dan kuat, jika berkongsi di pilgub mendatang.

Dua tokoh Sulawesi Tenggara itu intens bertemu. Terbaru, keduanya bersua dalam kegiatan pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata baca secara gratis yang diselenggarakan Ikatan Alumni Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (IKA UMI) Sulawesi Tenggara di Kota Baubau pekan lalu.

Pasalnya, Ruksamin telah jauh-jauh hari mendeklarasikan diri bakal maju di pilgub. Sementara baliho Sjafei Kahar terpajang di mana-mana berkeinginan kembali maju di Pilgub 2024 mendatang.  

Baca Juga: Butuh Nakhoda Baru, Ini Cara Selamatkan Golkar di Pemilu 2024

Pengamat politik Sulawesi Tenggara, Najib Husain mengatakan, perpaduan antara Ruksamin dan Sjafei Kahar, merupakan konfigurasi ideal antara keterwakilan daratan dan kepulauan. Termasuk perpaduan antara senior dan junior. Jika keduanya berkongsi di Pilgub 2024, akan menjadi pasangan calon yang cukup menarik. Hal itu karena, dua figur ini juga merupakan perpaduan antara birokrat dan politisi ulung.

"Ruksamin dikenal sebagai politisi petarung, cakap dan ulet, dan Sjafei Kahar dianggap sebagai tokoh birokrat Sulawesi Tenggara," kata Najib Husain, Sabtu (22/7/2023).

Di sisi lain kata dia, simbol ketokohan Ruksamin sebagai perwakilan daratan, sangat mewakili. Begitu juga dengan Sjafei Kahar yang mewakili kepulauan. Modal tersebut begitu kuat merebut mayoritas suara pemilih yang tersebar di 17 kabupaten/kota. Pasalnya, kedua tokoh ini sudah teruji. Ruksamin dua periode Bupati Konawe Utara. Kemudian saat ini memimpin DPW PBB Sulawesi Tenggara, Koordinator Presidium KAHMI, dan organisasi besar lainnya.

Sementara Sjafei Kahar pernah menjadi Bupati Buton dua periode yang mencakup 6 kabupaten yang saat ini telah mekar tersendiri. Di antaranya Buton Tengah, Buton Selatan, Wakatobi, Bombana, Baubau dan Buton.

"Jadi, napak tilas politik tersebut menandakan keduanya memiliki basis suara yang sangat diperhitungkan," beber Najib.

Baca Juga: Pemda Konawe Usul Rp 208 Miliar Anggaran Pilkada 2024

Doktor jebolan Universitas Gajah Mada itu menambahkan, jika Ruksamin dan Sjafei Kahar benar-benar berkongsi di pilgub nanti, akan menjadi sebuah catatan penting dan peringatan bagi figur lain yang berhasrat tarung di Pilgub 2024.

Ruksamin sendiri sudah jauh-jauh hari mendeklarasikan diri bakal maju dalam Pilgub dengan mengusung program Sulawesi Tenggara pusat energi dunia. Selain itu, Ruksamin juga mencanangkan Rp 500 juta setiap desa/kelurahan, hingga pendidikan gratis.

"Berbagai program prioritas, ide dan gagasan yang saya siapkan, maka saya menyatakan siap maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Tenggara untuk periode 2024-2029," papar Ruksamin beberapa waktu lalu. (B)

Penulis: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga