Profil Gunartin, Pengusaha Sukses Usung Kota Seribu Jasa

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 13 Agustus 2023
0 dilihat
Profil Gunartin, Pengusaha Sukses Usung Kota Seribu Jasa
Gunartin siap maju jadi calon anggota DPRD Sulawesi Tenggara di Pemilu 2024. Foto: Kardin/Telisik

" Anda warga Kota Kendari mungkin tak asing dengan Gunartin, nama dan wajahnya banyak terpampang di berbagai sudut Kota Kendari. Ia jauh-jauh hari gencar membuat orang penasaran dengan balihonya "

KENDARI, TELISIK.ID - Anda warga Kota Kendari mungkin tak asing dengan Gunartin, nama dan wajahnya banyak terpampang di berbagai sudut Kota Kendari. Ia jauh-jauh hari gencar membuat orang penasaran dengan balihonya.

Gunartin sebenarnya bukan wajah baru di dunia perpolitikan Kota Kendari. Ia merupakan mantan anggota DPRD Kota Kendari periode 2014-2019.

Pemilu 2024 mendatang, Gunartin jajal pertarungan politik di DPRD Sulawesi Tenggara. Ia maju sebagai calon anggota DPRD Sulawesi Tenggara Dapil 1 Kota Kendari.

Baca Juga: Profil Sukarman: Politisi Veteran Comeback Nyaleg DPRD Sulawesi Tenggara di Pemilu 2024

Sebelum terjun ke dunia politik, Gunartin juga dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses. Usahanya tak hanya tersebar di Kota Kendari. Ia membangun usaha tersebut sejak 1995 bersama almarhum suaminya.

Berbagai bidang usaha dijalani, dari mulai usaha koperasi simpan pinjam yang kini cabangnya ada di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara, hingga ke Maluku Utara dan Gorontalo.

Selain itu, usahanya yang paling terkenal adalah toko pakaian Tanah Abang yang punya banyak cabang di Kota Kendari, yaitu di Lepo-Lepo, Mandonga, dan Anduonohu. Ada juga usaha laundry pakaian, dan lainnya.

Punya latar belakang sebagai pengusaha, Gunartin prihatin dan ingin membangun kesejahteraan para pelaku UMKM di Kota Kendari. Ini juga yang menjadi landasan tagline "Kota Seribu Jasa" di setiap balihonya.

Baca Juga: Profil Lisnawati, Wajah Baru Bacaleg DPRD Konawe Selatan Pengusaha Salon Kecantikan

Kota seribu jasa artinya kata Gunartin, adalah tumpuan ekonomi masyarakat Kendari yang lebih banyak bergelut di sektor jasa. Mengingat Kendari punya potensi alam yang minim di banding daerah lain di Sulawesi Tenggara.

Gunartin rajin menegakkan visi tersebut ke setiap penjuru masyarakat Kota Kendari. Ia juga membentuk tim barisan kerja dan relawan (Brigade) Hj. Gunartin di 64 kelurahan demi sosialisasi yang masif.

Sementara itu, dikutip dari Infopemilu.go.id, pencalonan anggota DPRD tingkat provinsi kini sudah dalam tahap penetapan dan penyusunan daftar calon sementara (DCS) yang telah dijadwalkan dari 12 Agustus hingga 18 Agustus 2023. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga